Kemenkes RI Pantau Penggunaan dana DAK Rp8,7 M untuk Puskesmas di Bengkalis

Bengkalis(SegmenNews.com)- Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, memantau penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp8,7 miliar untuk dua Puskesmas di Bengkalis.

Kemenkes RI Pantau Penggunaan dana DAK Rp8,7 M untuk Puskesmas di Bengkalis

Kunjungan ini dilakukan oleh dua orang tim, Nursania, SKM, MKM dan Sumarni didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Heri Pratikno, SKM., MPH, sejak tanggal 25 hingga 27 Oktober 2017.

Dana DAK tersebut diperuntukkan untuk peningkatan sarana prasarana dan alat kesehatan di dua Pukesmas yakni, Puskesmas Selat Baru dan Tanjung Medang.

Kabid Pelayanan Kesehatan, Heri Pratikno mengatakan, dari hasil kunjungan tim Kemenkes, menyatakan peralatan kesehatan untuk Puskesmas Selat Baru dan Puskesmas Tanjung Medang sudah berada di kabupaten Bengkalis tinggal mendistribusikan.

Tim Kemenkes berharap agar peralatan kesehatan yang sudah diadakan dengan menggunakan dana DAK Afirmasi bisa dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan, sehingga masyarakat di daerah perbatasan bisa mendapatkan pelayanan secara optimal.

Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan ditingkat pertama harus memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam Sistem Kesehatan Nasional

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah perbatasan dan kepulauan, diperlukan upaya peningkatan fasilitas fisik Puskesmas serta sarana dan prasarana pendukung termasuk peralatan kesehatan dan tenaga.***(Edi)