Indahnya Negeri di Atas Awan Ini. Yuk Kita Telusuri…

Rokan Hulu (SegmenNews.com)-Kabupaten Rokan Hulu yang dikenal dengan Kota Seribu Suluk, ternyata menyimpan banyak pesona alam yang indah. Salah satunya puncak Bukit Suligi, yang keindahannya bak Negeri di Atas Awan.

Puncak Bukit Suligi/facebook masriadi

Sekitar 2.700 orang sudah mengunjungi “Negeri di Atas Awan” Kabupaten Rokan Hulu ini. Mereka menilai pesina negeri ini tak kalah dengan objek wisata Buntu Liarra‎ di Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat.

Objek wisata “Negeri di Atas Awan” berada di puncak Bukit Suligi, di Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rohul, Provinsi Riau.‎ Di sini, pengunjung bisa menikmati fenomena awan seperti mengambang. Untuk menikmati pesona fenomena awan ini tidak bisa kapan saja, namun ada waktu-waktunya, yang hanya bisa dinikmati sekitar pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.30 WIB.

Puncak Bukit Suligi

Untuk menyaksikan fenomena alam ini, tak jarang pengunjung harus bermalam di Puncak Bukit Suligi. Untuk mencapai puncak ini, pengunjung harus berjalan kaki dan mendaki. Meski demikian, pengunjung tidak perlu khawatir, karena ada relawan Komunitas Care Taker Desa Aliantan bersedia membantu memandu pengunjung mendaki Puncak Bukit Suligi yang indah di ketinggian sekitar 812 meter dari permukaan laut.

Kepala Desa Aliantan, M Rois Zakaria SE‎, Selasa (14/10/2017), mengatakan, untuk bisa menikmati sensasi Negeri di Atas Awan ini, pengunjung harus berjalan kaki dari Dusun II Desa Aliantan, sejauh 21 kilometer. Pengunjung sengaja diajak berjalan kaki sari Sinpang Koto Kampar, Aliantan, atau Simpang Kokar.

Puncak Bukit Suligi

Ketika berjalan sejauh 21 kilometer ini, nantinya pengunjung bisa menikmati objek wisata menarik lainnya, seperti Goa Garuda, Air Terjun Sikubin, Air Terjun Dayang dan Kawasan Bukit Suligi.

Perjalan sambil menikmati objek wisata ini akan menghabiskan waktu antara satu hingg dua jam dengan melewati trek yang mendaki.

Setelah sampai di puncak Bukit Suligi, para pengunjung dapat menikmati sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam), jadi satu malam harus menginap di puncak Bukit Suligi,

Untuk masuk ke kawasan Negeri di Atas Awan ini, pengunjung cukup membayar dengan harga relatif murah, yakni hanya Rp35 ribu. Ini sudah termasuk parkir kendaraan, snack, dan nasi bungkus.

Bagi pengunjung yang tertarik bisa menghubungi Care Taker Aliantan jauh hari sebelum mendaki di contact person: 085274375656.

Guna memajukan objek wisata alam puncak Bukit Suligi  diakui Rois, Care Taker Aliantan yang terbentuk 2016 lalu, bekerjasama dengan komunitas My Trip My Adventure (MTMA) Rohul, dan MTMA Riau, serta komunitas pecinta alam lainnya.

Care Taker Aliantan juga membatasi pengunjung, dan mereka hanya bisa melayani 50 pengunjung setiap pekannya, karena kapasitas di puncak Bukit Suligi hanya bisa untuk menampung 50 orang saja.‎

“Bila lebih dari 50 orang  maka di cancel atau dialihkan di pekan berikutnya. Karena daya tampung di puncak itu hanya untuk 50 orang,” terangnya.***(fitri)