Bupati Wardan Dorong Kemajuan Undustri Kecil

Tembilahan(SegmenNews.com)-Dalam rangka meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah yang unggul tahun 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Inhil menyelenggarakan Temu Ramah Pengrajin Binaan Dekranasda se-Kabupaten Inhil.

Bupati Inhil, Drs HM Wardan MP membuka secara resmi acara tersebut di aula hotel Inhil Pratama (IP), Jumat (29/12/2017) pagi. Peserta berjumlah 110 orang yang berasal dari seluruh kecamatan di Inhil.

Dalam kesempatan itu turut hadir kepala Disperindag Inhil, sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemkab Inhil, Camat Tembilahan, tokoh agama, Ketua Dekranasda Inhil Hj Zulaikhah Wardan S.Sos ME, narasumber, peserta temu ramah, dan para undangan.

Tujuan dilaksanakannya forum ini ialah untuk menyerap aspirasi sebagai bahan guna menyelaraskan dan mensinergikan dalam melakukan pembinaan kepada pengrajin dalam meningkatkan daya saing. Hal tersebut dikatakan Zulaikhah saat mengawali sambutannya.

“Produk seni dalam kerajinan telah berperan secara nyata dalam meningkatkan perekonomian rakyat. Seni pengrajin perlu di bina dan digali. Terbukti hasil kerajinan Inhil sangat diminati pengunjung contoh anyaman pandan. Ke depannya kita harus lakukan pembinaan dan pengembangan,” ujarnya.

Istri orang nomor satu di Inhil ini juga menekankan untuk lebih fokus mengembangkan songket Inhil. “Alangkah baiknya masyarakat Inhil fokus untuk mengembangkan potensi songket Inhil, karena songket kita berbeda dengan songket daerah lainnya,” sebutnya.

Wanita yang akrab disapa Ikha ini mengungkapkan kerajinan di Inhil belum mampu memenuhi permintaan pasar. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan produksi, rendahnya kemampuan pengrajin, dan kurangnya bahan baku. Oleh sebab itu diperlukan fasilitasi, dan pembinaan terhadap pengrajin, sehingga dapat memenuhi permintaan pasar.***(Advertorial/ibnu)