Kegiatan Keagamaan Rawan Disisipi Politik Uang, Bawaslu RI Minta Panwaslu Tingkatkan Pengawasan

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Abhan, mengingatkan kegiatan kampanye Pilkada yang dibungkus dengan kegiatan keagamaan rawan disisipi politik uang. Untuk itu, Panwaslu diminta meningkatkan pengawasan.

Ketua Bawaslu RI, Abhan didampingi Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan

Pengawasan juga lebih ditingkatkan pada bulan ramadhan mendatang.

“Kegiatan keagamaan rawan disisipi dengan agenda politik. Ini perlu diawasi, jangan sampai terjadi politik uang,” pesannya saat membuka kegiatan jelajah pengawasan pencocokan dan penelitian (coklit) di lapangan depan Masjid Nurul Jannah, Jalan Cipta Karya, Kelurahan Sialang Munggu, Tampan, Pekanbaru, Minggu (11/2/2018) pagi.

Petugas pengawas pemilu/pilkada harus menyiapkan strategi khusus dalam mengawasi kampanye dalam kegiatan keagamaan.

“Di sini, pengawas harus ada di setiap tahapan sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi),” pesan Abhan di hadapan ratusan Panwaslu kecamatan dan Pamwaslu kelurahan se-Kota Pekanbaru yang hadir pada kegiatan itu.

Sementara untuk pelaksanaan coklit, Abhan mengingatkan khusus ke panwaslu kelurahan/desa aktif bersama PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) di lapangan guna memastikan seluruh warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih, terdaftar sebagai daftar pemilih tetap (DPT).

“Kita harus memastikan KPU dan jajarannya sudah mendaftar seluruh warga yang memilih hak pilih,” tegas dia.

Sementara Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan jelajah pengawasan coklit bersama Ketua Bawaslu RI itu.

“Acara ini perlu kita beri apresiasi kepada Panwslu Kota yang dalam waktu singkat bisa menyelenggarakan kegiatan ini. Ini merupakan semangat yang luar biasa,” ucapnya.

Rusidi berharap semangat yang ada bisa ditingkatkan dalam mengawasi pelaksanaan Pilgubri 2018 hingga Pemilu 2019 mendatang.

“Namun ada yang harus diingat, bahwa pengawasan yang kita lakukan bukan untuk mencari kesalahan penyelenggaran pilkada/pemilu. Tapi bagaimana memastikan semua tahapan pilkada/pemilu berlangsung aman dan lancar,” kata dia.

Usai pembukaan jelajah pengawasan coklit, Ketua Bawaslu RI didampingi Ketua Bawaslu Riau, Ketua Panwaslu Pekanbaru dan Komisioner KPU Pekanbaru turun melakukan pengawasan coklit ke sejumlah warga di perbatasan Pekanbaru-Kampar, tepatnya di Kelurahan Sialang Munggu, Tampan, Pekanbaru.

Hadir juga di kegiatan itu Komisioner Panwaslu Pekanbaru, KPU Pekanbaru, Camat Tampan, serta Panwaslu kecamatan dan kelurahan se-Kota Pekanbaru. (rls)