Tahun 2018, Pemko dan Walikota Pekanbaru Dulang Prestasi

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Meski belum genap empat bulan tahun 2018 ini, namun Pemerintah Kota Pekanbaru dan Walikota Pekanbaru sudah mendulang banyak prestasi.

Tak tanggung-tanggung, prestasi tersebut mulai tingkat Provinsi hingga tingkat nasional.

Prestasi tersebut antara lain, Pemerintah Kota Pekanbaru terpilih sebagai Pembina Terbaik Budaya K3 pada Bulan Keselamatan Kerja, Jumat (6/4/2018). Penghargaan diterima langsung oleh Plt Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi.

Plt Walikota Pekanbaru, H Ayat Cahyadi SSI, pada kesempatan tersebut, mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan yang ada di Kota Pekanbaru karena telah tertib dan selalu memperhatikan tentang keselamatan dan kesehatan kerja.

“Karena dengan memperhatikan K3, maka akan terhindar dari apa saja yang membuat kecelakaan kerja. Oleh sebab itu, kita minta juga pihak perusahaan agar meningkatkan dan memperhatikan K3, sehingga para karyawan yang bekerja bisa selamat saat bekerja,” ujar Plt Walikota.

Terbaik Bidang Pelayanan Publik

Kemudian pada Awal Februari 2018 lalu, Kota Pekanbaru meraih penghargaan terbaik di Bidang Pelayanan Publik dari Kemenpan-Reformasi Birokrasi.

Kota Pekanbaru menjadi satu-satunya daerah di provinsi Riau yang menerima predikat sangat baik (A-) dalam memberikan pelayanan publik dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Predikat ini didapat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru setelah penyampaian hasil evaluasi dan pemberian penghargaan pelayanan publik tahun 2017.

Predikat ini merupakan buah dari kerja semua. Ini juga menunjukan jika Pemko Pekanbaru benar-benar serius dalam menjalankan misi sebagai kota investasi.

Predikat ini akan menjadi tantangan untuk kita lebih baik, karena mempertahankan itu lebih berat dari pada meraih.

Pemberian penghargaan ini dilakukan kepada 72 DPMPTSP kabupaten/Kota, 34 Provinsi dan Kementrian/lembaga dengan menggunakan indeks pelayanan publik yang didapat dari indikator hasil persilangan antara aspek yang terdiri dari kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, SIPP, konsultasi dan pengaduan dan inovasi.

Atas penghargaan ini, Walikota Pekanbaru, Firdaus, sebelumnya, berjanji Pemko Pekanbaru akan terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberikan dampak bagi masyarakat.

Dengan memberikan kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, adanya sarana konsultasi dan pengaduan dan inovasi.

Pemimpin Visioner

Prestasi tingkat nasional juga diraih oleh Walikota Pekanbaru, Firdaus, yang terpilih sebagai Pemimpin Visioner di Indonesia. Prediket ini diperoleh DR H Firdaus ST MT, setelah melewati masa pengujian persentasi di hadapan Dirjen Otda Kemendagri, Staf Ahli Bappenas dan Konsultan Nasional Januari lalu pada acara Visionery Leaders yang ditaja MNc Grup.

Dari persentase yang sukses menjelaskan tentang program Smart City Madani tersebut disertai dengan penunjukkan bukti-butki bahwa program tersebut sudah mulai diimplementasikan di Pekanbaru.

Bahkan ada yang akan dijadikan role model program smart city nasional, semua pengujian itu mengantarkan DR H Firdaus menjadi Pemimpin Visioner di Indonesia, prediket yang sama juga diterima Walikota Padang Mayeldi dan Bupati Karang Asem I Gusti Ayu Mas Sumatri dari 514 kepala Daerah di Indonesia.

Penghargaan bergengsi tersebut diterima DR H Firdaus ST MT, Selasa (27/3/2018) yang diserahkan pimpinan MNc Grup dalam acara The Power of collaboration di Jakarta.

Tokoh Inspirarif

Prestasi luar biasa di tingkat Nasional kembali diraih Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT. Kali ini Firdaus pun dinobatkan sebagai salah satu tokoh inspiratif di Indonesia.

Penghargaan bergengsi tersebut diterima langsung oleh Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, Kamis (5/4/2018) dalam acara Sindo Weekly Government Award 2018 yang ditaja Sindo Weekly bekerjasama dengan Kementerian PUPR, kemendagri, Kementrian Kominfo dan Kementerian Pariwisata yang dihadiri para Gubernur, Bupati dan Walikota yang beprestasi dari berbagai daerah di Indonesia.

Penobatan DR H Firdaus ST MT sebagai salah satu Tokoh inspiratif masih juga berkaitan dengan penobatannya sebagai Pemimpin Visoner di Indonesia yang diserahkan minggu lalu.

Staf ahli Mentri PUPR dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemilihan Tokoh inspiratif tersebut melalui kajian dan analisa serta pertimbangan yang sangat ketat, dengan melibatkan empat kementerian serta konsultan Nasional.

“Kita mengapresiasi ketokohan serta inovasi dan kreatifitas setiap Tokoh di Indonesia terutama para tokoh yan saat ini dipercaya masyarakat untuk menjadi pemimpin di daerahnya, baik sebagai Gubernur, Bupati, maupun sebagai Walikota,’’ ujar Staf Ahli Menteri.

Informasi lain yang diterima dari manajemen MNc Grup bahwa penetapan DR H Firdaus ST MT sebagai salah satu inspiratif di Indonesia bersama tujuh tokoh lainnya.

Adalah sebagai apresiasi terhadap komitmen Firdaus dalam membangun, dan mengembangkan Kota Pekanbaru yang saat ini sudah menuju status Kota smart dan juga telah menjadi role mode program smrat city di Indonesia.

Kota Tujuan Investasi Terbaik di Indonesia

Dalam acara yang dihadiri para Gubernur dari berbagai daerah tersebut, juga diumumkan bahwa untuk tahun kelima, Kota Pekanbaru kembali meraih penghargaan sebagai Kota Tujuan investasi terbaik di Indonesia yang berdasarkan pada penelitian dan analisa serta survey yang dilakukan MNc Grup bersama empat kementrian tersebut.

Penghargaan tersebut diterima oleh Plh Sekretaris Kota Pekanbaru Drs H Azwan MSi dengan disaksikan oleh para kepala daerah lainnya.***(Adv)