Bupati Amril Resmikan Ruang Terbuka Hijau

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Bupati Bengkalis, Amril Mukminin resmikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bathin Muajolelo di Kecamatan Pinggir, Kamis (12/4/18).

Peresmian RTH ditandai dengan penandatanganan prasasti yang berada di RTH dan penggutingan pita oleh Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril.

Dikatakan Bupati Amril, Taman RTH ini menunjukkkan ciri khas terkait SDM sebuah kota, dan akan menambah keindahnya kota.

“Dengan gerakan Pemerintah ini, diharapkan akan lebih menambah kesadaran masyarakat akan pentingnya RTH, khususnya Pemkab Bengkalis  akan membangun lebih banyak lagi,” tandas Bupati.

Disampaikan Bupati Amril saat peresmian RTH Taman Muejolelo, Kecamatan Pinggir.

Peresmian taman yang dibangun oleh Dinas Tata Kota Perumahan dan Pertanahan Kabupaten Bengkalis menggunakan Tahun Anggaran 2017 itu.

Ditandai dengan penandatanganan prasasti Taman Bathin Muajolelo dan penandatanganan prasasti Kota Ku Tanpa Kumuh (KOTAKU), serta pengutingan pita Oleh Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril.

Bupati Bengkalis menegaskan,  taman merupakan manifestasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang merupakan penyeimbang ekologis dari kegiatan kota yang cenderung menyumbang polusi yang amat tinggi, taman juga bisa mengurangi temperatur udara kota yang sangat panas, dan taman juga bisa sebagai daerah resapan air.

“Keberadaan taman sebagai bagian dari ruang terbuka hijau sangat strategis dengan konsep pembangunan yang memenuhi aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Idealnya, ruang terbuka hijau wilayah perkotaan minimal 30 persen dari luas kabupaten/kota,” kata Kepala Daerah Bengkalis itu.

“Luas hutan kota minimal 10 persen dari luas Kabupaten/Kota yang menjadi bagian dari RTH. Untuk itu maka pembangunan RTH dan keberadaannya sangat penting untuk menjaga keserasian dan keseimbangan ekosistem,” lanjut mantan Kepala Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir.

Amril Juga menuturkan,“membangun kota yang memperhatikan lingkungan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Selanjutnya pembangunan Taman Bathin Muajolelo ini tentunya sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat Kecamatan Pinggir dan sekitarnya.

“Kebijakan pembangunan Taman Bathin Muajolelo ini diharapkan mendapat respon dan sambutan yang hangat serta sambutan yang  positif dari masyarakat,” terangnya.

Selain Bupati Bengkalis dan Ketua TP PKK Kabupaten, berapa Kepala SKPD, juga Anggota DPRD Susianto SR, Pipit Lestary, juga Camat dari 4 Kecamatan, dan Tokoh Masyarakat.***(edi).