Timbulkan Bau Busuk dan Lalat, Peternakan Ayam di Bandung Resahkan Warga

Rohul(SegmenNews.com)- Sejumlah warga di RT 01 Dusun Padang Gajah, Desa Tandun Timur, Kecamatan Tandun, diresahkan dengan bau busuk berasal dari peternakan ayam potong.

Bahkan warga khawatir, bau busuk dan lalat yang beterbangan hingga kerumah warga akan menimbulkan penyakit.

Menurut sejumlah warga, ternak ayam tersebut, berada di dekat pemukiman penduduk. Bahkan, kandang tersebut sudah 5 tahun berdiri, diduga pemiliknya adalah perangkat desa di Desa Tandun Barat.

“Saat panen ayam untuk dijual, maka akan muncul bau busuk akibat kotoran ayam, bukan hanya itu saja, lalat yang berkerumun hingga ke rumah-rumah warga, sementara pengusaha ternak tidak pernah mengantisipasi bau dan lalat yang sudah diresahkan warga,” sebut sejumlah warga Dusun Padang Gajah.

Kades Tandun Barat, Muzawir yang coba dikonfirmasi, Senin (16/4/2018) sore via handphone terkait keluhan warga tersebut, hand phone yang bersangkutan aktif namun tidak dijawab.

Di lokasi kawasan kandang ternak, sekitar 5 kandang ayam berdiri di kawasan itu, bahkan hingga di Pemakaman Umum di desa tersebut. Bukan hanya bau busuk yang menyengat, lalat yang datang berkerumun datang ke rumah rumah yang jaraknya hingga 500 meter dari kandang.

“Kita sudah pernah lakukan pertemuan, yang dimediasi pihak desa, termasuk Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH), namun herannya permasalahan yang dikeluhkan warga tetap tidak ada solusinya. Ini sudah sangat menganggu kita selaku warga masyarakat, apalagi saat lalat datang jumlah banyak ke rumah, bila hinggap di pakaian putih maka alamat pakaian akan bintik bintik hitam,”

“Juga bila hinggap di makanan, maka akan sangat membahayakan bagi kesehatan masyarakat, Kami meminta agar Bupati Rohul H Sukiman, bisa menyurati pemilik seluruh kandang ayam tersebut agar mereka menutupnya. Karena selain bau, keberadaan lalat akibat adanya kandang ayam juga sangat menganggu kami,” sebut warga berinsial Wa. ***(Fit)