Kemenag Matangkan Persiapan Pemberangkatan Calon Haji di Rohil

Kemenag Matangkan Persiapan Pemberangkatan Calon Haji di Rohil

Rohil(SegmenNews.com)- Bagian Kesra dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hilir, mematangkan persiapan manasik dan pemberangkat calon jemaah haji Kabupaten Rokan Hilir tahun 2018.

Persiapan kegiatan tersebut dikoordinasikan melalui rapat persiapan menasik haji, yang dipimpin oleh Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Fery H Parya, Msi bertempat diruangan rapat Sekretaris Daerah Lantai III Kantor Bupati Rokan Hilir Jum’at, (19/4/ 2018).

H. Ferry H. Parya menyatakan bahwa persiapan dimaksud diantaranya melakukan manasik haji, guna memaksimalkan pengetahuan tentang tata cara, syarat, dan rukun menjalankan ibadah haji. Seluruh calon jemaah dibekali dengan simulasi, pengetahuan, serta aturan melaksanakan ibadah haji,” kata dia.

Ia mengingat bahwa Pimpinan (Bupati Rohil) mengingatkan kepada panitia agar melaksanakan menasik dan pemberangkatan Calon Jemaah Haji agar diberikan  pelayanan secara maksimal, Bapak Bupati mewanti-wanti, jangan ada persoalan terkait dengan pelayanan pelaksanaan jemaah calon haji.

Pada rapat persiapan dimaksud Kepala Kantor Urusan Agama Kabupaten Rokan Hilir yang diwakiki H. Hasbulah. Sag menjelaskan,

Jemaah Calon Haji Kabupaten Rokan Hilir pada milusim haji 2018 berjumlah 238 orang, namun ini belumlah merupakan data yang final, ada kemungkinan akan terjadi penambahan dari jumlah yang ada saat ini.

“Menasik akan dilaksanakan hari Senin tanggal 7 sampai 11 Mei 2018 yang akan datang bertempat di Balai Pertemuan H. Misran Rais yang akan dipandu oleh Ustadz H. Jalalludin dari Kantor Kementroan Agama Kabupaten Rokan Hilir,”Ujarnya

Direktur RSUD dr. Pratomo dr.Tribuana Tunggal Dewi menyampaikan bahwa dalam melaksanakan pelayanan dibidang kesehatan Jemaah Calon Haji 2018 ini telah dilakukan pemeriksaan sebanyak  kesehatan sebanyak 231 orang  pada 11 Puskesmas Kecamatan.

Kepala Bagian Kesra Setda Rokan Hilir Drs. H. M. Zen menyampaikan, pada pelaksanaan menasik haji pada 7 s/11 Mei mendatang, Calon Jemaah diinapkan pada 3 Hotel yang ada di Bagan Siapiapi, yakni Hotel Mulia, Hotel Bagan dan Hotel Indah yang letaknya berdekatan dengan Balai Pertemuan H. Misran Rais yang menjadi tempat pelaksanaan menasik.

Dipenghujung rapat persiapan ini disimpulkan bahwa seluruh panitia menyatakan kesiapannya dalam kegiatan menasik dan pemberangkatan Jemaah Calon Haji 2018 ini, Insyallah.(Chan)