BLP Meranti Komit Tingkatkan SDM Pejabat Daerah

BPL Meranti Komit Tingkatkan SDM Pejabat Daerah

Meranti(SegmenNews.com)- Badan Layanan Pengadaan (BLP) Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti berkomitmen terus mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) pejabat Daerah.

Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas Aparatur Penyelenggara Pengadaan Barang/Jasa, Badan Layanan Pengadaan, Senin (23/04/18).

Guna memperluas pengetahuan dalam menjalankan sistem pengadaan, Pemerintah dalam hal ini mempunyai fungsi mengatur peningkatan kualitas Aparatur Penyelenggara Barang/Jasa yang dituntut untuk dapat menjadi sarana dalam membangun daerah.

Seperti yang diungkapkan Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2008 Tentang Pengadaan barang/jasa Pemerintah secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu proses untuk mendapatkan barang/jasa.

Mulai dari kegiatan perencanaan, kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang efisien dan efektif serta memiliki SDM yang profesional dan fokus dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

“Kita semua mengetahui bahwa, tujuan utama menyelenggarakan Bimtek ini agar dapat memahami tentang Penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa terutama dilingkungan Pemkab Meranti dan mendapatkan SDM Pengadaan Barang/Jasa yang profesional,” sampai H Irwan sembari membuka secara resmi Bimtek, diball room GMH, jalan kartini, Selatpanjang.

Dikatakannya, berdasarkan hal tersebut ia memandang penyelenggaraan kegiatan ini sangat penting, karena dari sini para peserta akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman tentang peningkatan kualitas Aparatur Penyelenggaraan Barang/Jasa.

H Irwan berharap kepada seluruh peserta agar kesempatan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, agar kegiatan yang telah tetapkan dan sepakati dapat direalisasikan sesuai yang telah ditentukan.

“Selanjutnya saya juga berharap khususnya kepada Nara Sumber/Instruktur untuk dapat memberikan informasi yang benar serta melatih dengan sungguh-sungguh, agar apa yang telah disampaikan tersebut dapat dimengerti dan terapkan di instansi tempat peserta bertugas,” ujarnya.

“Kepada PA/KPA dan pejabat pengadaan disemua instansi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti agar dapat serius mengikuti bimbingan teknis ini, kepada Narasumber bapak Khalid Mustafa, S.T yakni instansi dari Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia (P31) serta apresiasi setinggi-tingginya untuk BLP Kepulauan Meranti sudah melaksanakan kegiatan yang dinilai sangat penting ini,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini semua pihak terfokus kepada program infrastruktur, mungkin tahun depan dirinya akan merubah jalur pengadaan sistem besar menjadi kecil, gunanya agar kontraktor lokal dapat bekerja dan hal itu juga melihat pendapatan anggaran pada tahun yang akan datang.

“Kedepan mungkin akan kita rubah, intinya saat ini bagaimana solusi masyarakat itu tidak lapar dan mendapat pekerjaan melalui jalur pengadaan dan itu dapat bermanfaat bagi semua pihak,” tutupnya.***(Dham)