Peringati May Day, Buruh di Duri Keluhkan Kelemahan Disnaker

Duri(SegmenNews.com)- Ratusan buruh berunjukrasa memperingati Hari Buruh atau May Day yang jatuh hari ini 1 Mei 2018. Buruh dari melakukan konvoi di seputaran kota Duri, Kabupaten Bengkalis, Senin (01/05/18)

Buruh tesebut berasal dari, anggota SBRI kota Duri, SBRI dari PT ADEI, SBRI dari Perkebunan PT SIS, F SPTD/KSPSI, GAMARA ( Garda Muda Nusantara ), GM IKBDS.

Para buruh menyampaikan kekesalan mereka terhadap Disnaker yang terkesan lamban, dan dinilai tidak mampu menyelesaikan persoalan buruh dari PHK perusahaan.

Mereka berharap Bupati Bengkalis terjun langsung melihat persoalan buruh dilapangan, agar pihak perusahaan tidak semena-mena terhadap buruh.

“Bupati Bengkalis diharapkan turun melihat ralita persoalan buruh, perusahaan dianggap semena mena dalam menjalankan peraturan dan perundang undangan, ini karena Disnaker tumpul dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” kata Agen Simbolon, Ketua DPP SBRI.

Ketua DPD F SPTD (Serikat Pekerja Transfort Darat) Bengkalis, Maridup Simarmata dalam orasinya, anggota yang bernaung di F SPTD diaharapkan taat pada hukum dan perundang undangan, dan Namun berharap Pemerintah daerah. Maupun Upika dapat melihat realita yang terjadi pada sektor bongkar muat.

Masih adanya klaim dari serikat bongkar muat yang lain, diharapkan Upika dapat menempatkan F SPTD sesuai legalitas yang telah diakui Mahkamah Agung RI.

“Sampai saat ini F SPTD berwenang dalam menjalankan mitra dengan perusahaan dalam hal bongkar muat,” tandas Maridup alias kombes Balai Pungut ini.

Kapolres AKBP Yusup Rahmanto Sik, MH, untuk wilayah Polres Bengkalis, untuk pengamanan May Day  diturunkan sebanyak 300 personil.

Untuk kegiatan May Day di wilayah Duri menurunkan 130 an personil.

“Sejauh ini berlangsung sukses dan terkendali, diharapkan kegiatan May Day ini dapat membawa hal yang positif.

Silakan menyampaikan aspirasi sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan dalam berorasi,” sampai Yusup R.

Sampai usai peringatan May Day di Duri berjalan lancar, petugas ujung tombak Unit Sabhara sempat berphoto bersama buruh.***(edi)