Abdul Haris Jabat Pj Sekda Rohul Gantikan Damri

Rohul(SegmenNews.com)- H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, resmi dilantik sebagai Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menggantikan Ir. Damri Harun yang sudah memasuki masa pensiun terhitung 1 Mei 2018.

Mantan Staf Ahli Bupati Rohul, menjabat Pj Sekda Rohul setelah dilantik‎ oleh Bupati Rohul H. Sukiman, di Convention Hall Islamic Center Masjid Agung Pasir Pangaraian, Rabu (02/5/2018) pagi, dihadiri Kajari Rohul, Kalapas Klas II B Pasir Pangaraian, para Asisten, Kepala dinas, badan, Kantor, Camat, Kepala desa dan undangan lainnya.

Bupati Rohul Sukiman dalam sambutanta mengharapkan, agar Pj Sekda Rohul H.Abdul Haris, dapat melanjutkan tugas-tugas yang diemban oleh Damri Harun, selama menjabat Sekda Rohul selama ini.

Bupati Sukiman juga mengungkapkan, bahw setiap manusia ada yang kekurangan, namun ada sisi baik dari seseorang yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam penunjukan sebagai calon pejabat.

Sebutnya, dalam memilih seorang pejabat, dirinya lebih memprioritaskan orang yang bisa mengikuti irama kerja yang dilakukan, seperti punya perencanaan matang, serta bisa sebagai jembatan dan bisa bekerjasama baik antara eksekutif dengan legislatif.

“Namun tanpa melanggar aturan, dan dengan penuh kebersamaan dan harus berjalan ‎dengan aturan-aturan,” harapnya.

Ketika ditanya adanya aturan Peraturan Presiden atau Perpres, bahwa seorang Pejabat atau Pj hanya berlaku 3 bulan, Sukiman mengakui, nantinya dirinya akan segera menunjuk Sekda Rohul defenitif.

“Kita akan melakukan sesuai ketentuan, beharap bisa secepatnya pejabat defenitif,” tegasnya.

Bupati Sukiman juga mengakui, bahwa dengan menunjuk Abdul Haris‎ sebagai Pj sudah melalui pengamatan cukup lama, serta menggunakan ilmu intelijen.

“Sayakan orang intelijen, orang intelijen melakukan tahap-tahapan ‎dari seseorang. Itu ada ilmunya tersendiri, sama dengan dokter ahli penyakit dalam, saya juga seperti itu,” ucap Bupati Sukiman.

Kemudian, ditanya apa pertimbangannya memilih Haris sebagai Pj Sekda Rohul, diakuinya dia memilih karena Haris orang yang tidak muluk-muluk dan merupakan seorang pekerja keras.

Sedangkan Pj Sekda Rohul Abdul Haris mengakui, bahwa tugas seorang Sekda memang cukup berat. Karena harus membantu kepala daerah dalam hal mengkoordinasikan tentang pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, dan seluruh program yang telah dicantumkan di dalam visi misi kepala daerah.

“Pada prinsipnya, setelah menjabat Sekda saya akan mencoba secara maksimal dengan seluruh pihak terkait untuk mensukseskan apa yang telah menjadi harapan dan cita-cita Rokan Hulu yang termaktub dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang sudah ada,” kata Haris.

Mengenai target 100 hari kerja sebagai Pj Sekda Rohul, Abdul Haris mengatakan, dirinya akan mencoba bagaimana agar seluruh OPD yang ada, termasuk ASN yang ada di OPD lebih mengerti terhadap tugas pokok dan fungsinya sebagai pamong masyarakat, sehingga program tercapai dan kerja OPD dapat diukur.

Kemudian, dengan masih rendahnya serapan APBD 2018 hingga awal Mei, Abdul Haris mengatakan setelah dilantik sebagai Pj Sekda Rohul dirinya akan mulai bekerja sesuai arahan Bupati‎ Rohul Sukiman, meski harus bekerja selama 24 jam.

“Saya akan langsung bekerja dengan OPD-OPD yang ada, apa sekarang yang sedang dikerjakan, apa permasalahan dalam pekerjaan tersebut, dan apa yang bisa dapat kita lakukan dalam percepatan-percepatan dalam pekerjaan yang ada,” janji Abdul Haris.‎

Dimana sebelum menjabat Pj Sekda Rohul gantikan Damri Harun, Abdul Haris pernah menjabat jabatan strategis di lingkungan Pemkab Rohul, seperti Kabag Umum, Kepala Dinas Sosial Rohul, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Rohul, dan terakhir menjabat Staf Ahli Bupati Rohul.***(adv/HMS/fit)