Siak(SegmenNews.com)- Plt Bupati Siak Drs H Alfedri M.Si memimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan di Lapanan Tugu Depan Istana Siak, Rabu (2/5/18).

Berkenaan dengan peringatan hari pendidikan Nasional ditahun ini, Pemerintah telah berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan yang telah dihidupi dan disinari dari kebudayaan nasional,dengan kebudayaan yang maju, tentu  akan membuat pendidikan yang kuat.

Sesuai dengan tema pendidikan di tahun ini yaitu”Menguatkan Pendidikan, memajukan Kebudayaan”.

Alfedri membacakan pidato pendidikan menuturkan, sesuai dengan tema pendidikan di tahun ini, beliau mengajak untuk menjadikan peringatan hari pendidikan sebagai momentum guna merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tercermin pada yang diajarkan, pemikiran, serta praktik pendidikan yang dilakukan oleh KI Hadjar Dewantara.

“Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini kita jadikan Muhasabah,mesu budi, atau refleksi terhadap usaha usaha yang telah kita perjuangan di bidang pendidikan. Selain itu pula, kita merenungkan kembali untuk menengok kebelakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan. Untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan,” sebut Alfedri.

Alfedri juga mentampaikan, saat ini kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional di indonesia ini masih jauh dari jangkauan, untuk itu Alfedri mengajak agar terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas, serta terus menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memuiliki presisi atau ketelitian yang tinggi, sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan dan kebutuhan pembangunan.***(Rinto)