BPJS Kesehatan Pekanbaru Kenalkan Kemudahan Aplikasi Mobile JKN

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Pekanbaru memperkenalkan aplikasi layanan daring berbasis aplikasi “Mobile JKN”, untuk mempermudah peserta dalam mengakses kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Asti Putri Dewi Santri, Senin (14/5/18) menjelaskan, aplikasi mobile JKN ini merupakan transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif yang dilakukan di kantor cabang atau fasilitas kesehatan menjadi aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta di mana saja kapanpun tanpa batasan waktu.

“Pendaftaran secara online di Jakarta sudah bisa dilakukan, tapi di Pekanbaru beberapa item sudah bisa dilakukan,” ujarnya.

Aplikasi ini sudah diperkenalkan pada Juli 2017 kalau di Jakarta. Saat ini sudah diunduh jutaan pengguna ponsel berbasis Android dan iOS.

Aplikasi ini Rakhmat bisa dilakukan oleh peserta baru, namun bisa juga akses oleh peserta yang sudah terdaftar sesuai nomor peserta sebagai pengganti kartu BPJS Kesehatan.

Disebutkan ada lima kemudahan dalam pendaftaran online mobile JKN ini:

1- Kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan
2- Kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga
3- Kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran
4- Kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan
5- Kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi JKN-KIS.***(ran)