Siak(SegmenNews.com)- Fraksi Golkar mempertanyakan penyebab kenaikan angka kemiskinan di Kabupaten Siak yang naik sebesar 0,28% pada tahun 2017.

Hal tersebut disampaikan pada rapat paripurna dalam penyampaian tanggapan dan pandangan umum fraksi DPRD terhadapĀ  Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah tahun 2017, di gedung DPRD, ruang Panglima Ghimbam baru baru ini.

“Angka kemiskinan dari tahun 2016 hingga 2017 di Kabupaten Siak meningkat 5,52% menjadi 5,80%, padahal kita sudah membentuk tim koordinasi penanggulangan kemiskinan, sehubungan dengan itu, mohon dijelaskan faktor apa yang menyebabkan angka kemiskinan di Kabupaten Siak meningkat,” jelas juru bicara Ir Miduk Gurning.

Lanjutnya, secara umum angka kemiskinan di Kabupaten Siak dalam tiga tahun terakhir dibawah angka kemiskinan nasional dan Provinsi Riau. Jika dilihat trend perkembangannya mulai dari 2016 sampai dengan 2017 meningkat dari 5,52% menjadi 5,80%.

Sementara angka kemiskinan nasional dan Provinsi Riau dalam kurun waktu yang sama menunjukkan trend yang menurun, walaupun besaran persentasenya masih diatas Kabupaten Siak.

Padahal sebutnya, sesuai dengan Peraturan Daerah nomor 10 tahun 2012, Pemerintah telah membentuk tim koordinasi penanggulangan kemiskinan dan melaksanakan berbagai program untuk menentaskan kemiskinan, namun angka kemiskinan tetap saja meningkat.

Sebelumnya, Plt Bupati Siak menyampaikan LKPj pada rapat paripurna, Senin (16/4/18). Dalam penyampaian tersebut salah satu poinnya menyebutkan jumlah persentase angka kemiskinan pada tahun 2017 sehingga hal tersebut menjadi sorotan bagi fraksi golkar.

Selain angka kemiskinan, fraksi golkar juga menyoroti upaya Pemkab dalam menagih pajak penerangan jalan yang tertunggak dalam jumlah yang cukup besar di Siak.

“Kami mohon penjelasan sampai dimana progres upaya-upaya penagihan pajak terutama pajak penerangan jalan yang tertunggak dalam jumlah yang cukup besar,” sebutnya.

Dalam sidang paripurna itu di hadiri Plt Bupati Siak Drs Alfedri, 21 orang anggota DPRD Kabupaten Siak, Forkopimda, Kadis, Kabag, Kaban di lingkungan OPD Siak. Sidang dipimpin wakil ketua I Sutarno SH.***(rn)