Siak(SegmenNews.com)- Plt. Bupati Siak H. Alfedri mengapresiasi Camat dan pengurus UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) Kecamatan Lubuk Dalam, yang di anggap berhasil melakukan siar gemar berzakat di kecamatan Lubuk Dalam. Ini terbukti terlihat pada acara gemar berzakat banyak tokeh tokeh Sawit dan pelaku usaha hadir.

Kata Kata tersebut diungkapkannya saat memberi kata sambutan pada acara penyaluran Zakat Pola Konsumtif tahap II bagi 143 Mustahik dan acara pelaksanaan gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat ke V di Mesjid Raya Sultan Abdul Jalil Rachmat Syah, Selasa (22/05//2018) siang.

Menurut H. Alfedri, gerakan masyarakat gemar berzakat yang akan dilaksanakan, diharapkan mampu mengunpulkan zakat lebih banyak dari tahun kemarin. Karena Kecamatan Lubuk Dalam ini terbesar pengumpulan zakatnya se kabupaten Siak, ini tentu di ikuti juga dengan Gerakan Gemar berzakatnya di harapkan meningkat dari tahun lalu.

“Alhamdulillah, hari ini saya lihat banyak tokeh tokeh sawit hadir, ini menandakan kesadaran masyarakat terutama umat muslim untuk berzakat di Lubuk Dalam meningkat. Mudah mudahan dana yang terkumpul pada acara ini lebih besar dari tahun kemarin aamiin,” terang Alfedri.

H. Alfedri menambahkan, acara yang dilakukan hari ini mempertemukan antara Muzaki dan Mustahik, baznas sebagai lembaga zakat juga menyalurkan zakat ke tengah tengah umat 3 kali dalam se tahun. Berkumpulnya kita pada saat ini dengan harapan dapat membangun keyakinan para para Muzaki, yang akan menyalurkan Zakat kepada mustahik, melalui lembaga resmi Badan Amil Zakat Nasional.

“Saat kita sosialisasi tahun lalu, ada hartawan yang membayar zakat, namun secara langsung kepada orang yang fakir, dari sisi ketepatan memang benar namun agama mengajurkan bayarlah zakat melalui Amil, itu lah gunanya di tunjuk Amil, agar penyaluran zakait yang telah di keluarkan oleh hartawan tepat sasaran,” tegas Alfedri.

Sementara itu ketua Baznas Kabupaten Siak M.Rasyid Suharto mengatakan, kalau tahun lalu kita melaksanakan Gerakan Gemar berzakat hanya 8 Kecamatan saja, tahun ini akan kita di lakukan di 14 Kecamatan. Kenapa Lubuk Dalam menjadi rangkayan acara perdana kita lakukan, karena sangat aktif dalam pengumpulan zakat.

“Hari ini kita lakukan Gerakan Gembar Berzakat perdana di Kecamatan Lubuk Dalam, Karena saya melihata disini masyarakatnya aktif, Camatanya aktif, pengurus Upz baik kampung maupun Kecamatan juga aktif, mudah mudahan Kecamatan ini menjadi Efek positif yang dapat di contoh oleh Kecamatan lain,” terang Rasyid.

Di tempat terpisah Sulastri, 51 tahun warga Rawang Kao asli Ngawi Jawa Timur saat di temui mengatakan, dirinya hadir di acara Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat. ingin mengeluarkan Zakat daru hasil beberapa usaha yang ia miliki, yang jumlahnya mencapai Rp10 juta.

“Saya datang kemari ingin mengeluarkan zakat harta yang saya miliki, yang jumlahnya kurang lebih Rp. 10 Juta, ini kali pertama saya berzakat di acara semacam ini, biasanya saya zakat langsung, baik itu ke Mesjid, atau langsung kepada warga yang tidak mampu,” kata Sulastri.

Lanjut kata Sulastri lagi, setelah saya keluarkan zakat ini, harapannya harta menjadi berkah, ibadah tambah khusyuk, dan rezeki semakain lancer, tahun depan saya tetap akan membayar zakat kepada amil zakat yang ada di Kampung saya.

Tahun ini Baznas Kabupaten Siak hanya menyalurkan zakat Konsumtif tahab II sebanyak Rp. 1,6 milyar, dengan jumlah mustahik yang menerima sebanyak 2200 orang se kabupaten Siak. Sedangkan untuk kecamatan Lubuk Dalam Zakat Konsumtif yang akan di salurkan sebanyak Rp.143 juta untuk 143 Mustahik.

Sedangkan pelaksanaan Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat dari 62 orang Muzaki (hartawan) yang di undang, total dana yang terkumpul berjumlah Rp.176.670 Juta. nilai ini lebih besar dari tahun lalu yang hyanya berjumlah Rp.128 juta.