Pangkalan Kerinci (SegmenNews.com)-Dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat Muara Takus 2018, Polres Pelalawan menggelar Rapat Lintas Sektoral di Aula Teluk Meranti Polres Pelalawan, Senin pagi (28/5/18).

Rapat ini dipimpin langsung oleh Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan yang di dampingi oleh Wakil Bupati Pelalawan H. Zardewan, Kajari Pkl.Kerinci Tety Syam,  Pabung Kab.Pelalawan Mayor Inf Untung Suprianto.

Hadir pada kegiatan ini Pejabat Utama Polres  Pelalawan beserta Kapolsek Jajaran, perwakilan Kodim 0313/KPR, perwakilan dari dinas instansi terkait dijajaran Pemda Kampar antara lain dari
Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Perdagangan, Dinas kesehatan, Dinas PU Bina Marga, PMI dan dari  Jasa Raharja serta ormas Senkom Mitra Polri.

Adapun agenda rapat membicarakan kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Muara Takus 2018 diwilayah kabupaten Pelalawab berkaitan dengan perayaan Idul Fitri 1439-H yang akan digelar mulai tanggal 8 Juni s/d 20 Juni 2018.

Dalam sambutannya Kapolres Pelalawan menyampaikan kegiatan operasi ini merupakan tahunan yang diselenggarakan untuk memberikan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas selama pelaksanaan mudik yang dilaksanakan oleh masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman.

“Pelaksanaan rapat ini untuk menyatukan visi misi kita bersama dalam menyatukan langkah dan upaya untuk memberikan kelancaran, keamanan dan ketertiban selama operasi guna menciptakan kamseltibcarlantas yang didukung oleh semua pihak di Pelalawan ini ,” ujar AKBP Kaswandi.

“Selain terfokus dengan lalu lintas, tak kalah pentingnya situasi kamtibmas agar selalu di jaga sehingga kondusifitas Kab.Pelalawan selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran dapat berjalan aman dan kondusif. Sehingga alangkah tepatnya selama pelaksanaan khususnya bulan ramadhan dan lebaran meningkatkan patroli skala besar dengan dibantu oleh semua unsur,” tambah Kapolres Pelalawan.

Sementara Wakil Bupati Pelalawan Zardewan mengatakan Pemerintah Kab.Pelalawan akan mendukung dan membantu terkait kesiapan pengamanan arus lalu lintas dan pengamanan hari raya Idul Fitri 1439 H

“Kami akan ikut serta terkait pelaksanaan Operasi Ketupat Muara Takus 2018 ini dengan menyiapkan Puskesmas, Rumah Sakit, Rest Area, Terminal, dan fasilitas yang dapat menunjang kegiatan ini,” ungkap Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan.

Kabag Ops Polres Pelalawan Kompol Edi Munawar  Dalam rapat tersebut  memaparkan tentang kesiapan pelaksanaan kegiatan
Operasi.

Disampaikan bahwa wilayah kabupaten Pelalawan merupakan jalur utama arus mudik dari dan ke wilayah provinsi Riau yang setiap jelang perayaan Idul Fitri selalu terjadi
peningkatan mobilitas masyarakat yang melalui wilayah ini.

” Untuk mengantisipasi segala sesuatu yang dapat mengganggu kelancaran arus mudik dan arus balik serta memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang melakukan mudik ataupun merayakan Idul Fitri 1439-H,akan didirikan pos pengamanan ( Pospam ) dan  Pos Pelayanan ( Pos Yan ) yang berlokasi di daerah – daerah rawan macet / rawan laka maupun rawan kriminalitas” pungkas Kabag Ops.

“Operasi Ketupat  2018 ini dilaksanakan secara serentak oleh semua kepolisian daerah yang terpusat di Mabes Polri mulai tanggal 8 Juni hingga 20 Juni mendatang,” tutup Kompol Edi Munawar.***(Rls/Ris)