JCH Rohul Diberangkatkan dengan 10 Bus ke Pekanbaru 4 Agustus

JCH Rohul Diberangkatkan dengan 10 Bus ke Pekanbaru 4 Agustus

Rohul(SegmenNews.com)-Sebanyak 395 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan diberangkatkan ke Pekanbaru tanggal 4 Agustus 2018 mendatang. Para JCH akan diangkut menggunakan 10 bus pariwisata yang disiapkan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rohul Drs H.Syahrudin MSy, Rabu (18/7/2018) kemarin.

Para JCH akan diinapkan semalam di Hotel Grand Elite dan Grand Tulip. Selanjutnya tanggal 5 Agustus, para JCH Rohul diberangkatkan dari Bandara Sultan Syarif Kasyim (SSK) II Pekanbaru ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam, pukul 10.00 Wib diangkut pesawat Lion Air.

Syahrudin juga menjelaskan, pemberangkatan JCH asal Rohul dari Masjid Agung ke Pekanbaru, direncanakan pukul 10.00 Wib yang akan dilepas  Bupati Rohul H Sukiman beserta pejabat Forkopinda Rohul juga para kepala dinas, badan dan kantor dilingkungan Pemkab Rohul.

Pemberangkatan 395 JCH asal Rohul ke Batam, masuk dalam gelombang II (dua) dan tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 18 Embarkasi Batam. JCH Rohul akan bergabung dengan JCH asal Kabupaten Pelalawan serta Kampar.

“JCH Kloter 18 embarkasi Batam diterbangkan ke Jedah 6 Agustus mendatang. Sejak tahun 2005, pemberangkatan JCH Rohul ke Batam masuk dalam gelombang II, di tahun ini yang pertama. Karena, selama ini JCH asal Rohul masuk gelombang pertama, dari Batam langsung ke Medinah,’’ katanya.

Untuk pemberangkatan dan pemulangan seluruh JCH Rohul dari Pekanbaru-Batam maupun Batam-pekanbaru sudah final. Terkait biaya penerbangan domistik JCH Rohul dari Pekanbaru-Batam maupun kepulangan dari Batam-Pekanbaru, sudah ditetapkan sebesar Rp4.400.000 per jemaah.

“Hingga kini, seluruh JCH Rohul sudah melunasi biaya penerbangan domistik Pekanbaru-Batam maupun Batam-Pekanbaru Rp4.400.000 juta sengan sistim cater pesawat. Dimana saat diberangkatkan dari Pekanbaru ke Batam diisi oleh JCH. Sepulangnya dari Batam menuju Pekanbaru, pesawat kosong, dan kekosongan itu harus dibayar oleh JCH,’’ papar Kakan Kemenag.

Sebut Syahruddin lagi, penerbangan domistik JCH Rohul dari Pekanbaru-Batam lebih murah cateran pesawatnya, ketimbang cateran pesawat dari Pasir Pangaraian-Batam  daripada cater pesawat dari Pasir Pangaraian-Batam.

Kemudian, pemberangkatan dan pemulangan JCH Rohul ke Batam, tidak ada disubsidi dari Pemkab Rohul. Namun Pemkab Rohul hanya menyediakan bus pengangkutan JCH Rohul dari Pasir Pengaraian ke Pekanbaru, termasuk mobil pengangkutan koper dan barang JCH. ***(fit)