Dandim Letkol Beny Kesal 20 Hektar Lahan Terbakar di Bukit Suligi

Dandim Letkol Beny Kesal 20 Hektar Lahan Terbakar di Bukit Suligi

Rohul(SegmenNews.com)– Sekitar 20 hektar lahan hutan yang telah selesai di imas tumbang dan kebun kelapa sawit masyarakat di kawasan Bukit Suligi areal Kulim Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ludes terbakar.

Dalam pemadaman tersebut, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Beny Setiyanto meninjau langsung kebakaran hutan dan lahan yang berada di Coordinat 0°29’30”, 100°37’38”,317 sejak, 18/08/2018 sekira pukul 17.30 wib.

Adapun kedatangan Dandim 0313/KPR yang ikut memadamkan api serta meninjau lokasi kebakaran dan untuk memberikan semangat bagi personil TNI dan Polri yang berjibaku dalam memadamkan api.

”Saya minta, tolong disosialisasikan kembali kepada masyarakat kita tentang larangan membakar lahan dan hutan”, ungkap Dandim 0313/KPR Letkol Inf Beny Setiyanto kepada personil yang hadir dalam memadankan api, Minggu (19/08/2018).

”Sampaikan kepada masyarakat kita, bahwa membakar lahan dan hutan tidak boleh dilakukan,” kesalnya.

Dandim 0313/KPR juga meminta kepada personil TNI dan Polri dari Koramil 02 Tandun dan Polsek Tandun agar selalu melakukan Patroli. Sebab, bangsa Indonesia saat ini sedang melaksanakan Sea Game.

”Saya berharap kepada personil TNI dan Polri untuk selalu melakukan patroli bersama, dimana, saat ini bangsa kita sedang melaksanakan sea game”, harap Dandim 0313/KPR Letkol Inf Beny Setiyanto

Proses pemadaman terkendala karena sulitnya lokasi yang berbukit‎. Selain cuaca panas, tiupan angin yang cukup kencang menyulitkan petugas melakukan pemadaman.

‎Karena sulitnya lokasi Karlahut dijangkau, petugas berkoordinasi dengan BNPB Provinsi Riau, meminta bantuan pemadaman dilakukan melalui udara, yakni water bombing menggunakan helikopter, sebab lokasi sulit dijangkau, dan sumber air sulit.

Saat ini, kebakaran hutan dan lahan dapat dipadamkan dengan bantuan Water Bomming (WB) milik BNPB Prov. Riau pukul 16.00 wib. ***(fit)