WALHI Riau Gagas Penggalangan Dana Untuk Sulteng Lintas Komunitas

WALHI Riau Gagas Penggalangan Dana Untuk Sulteng Lintas Komunitas

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Gempa dan tsunami yang mengguncang Palu dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 dan beberapa gempa susulan memakan korban jiwa dan menyebabkan kerusakan yang cukup parah.

Setidaknya lebih dari 1000 jiwa meninggal dan ratusan orang belum ditemukan. Bencana alam ini menarik empati banyak masyarakat diberbagai daerah untuk bersama membangun kembali provinsi yang terkenal sebagai rumah Elang Sulawesi-nya ini, termasuk Provinsi Riau.

Bertempat di Jalan Diponogoro titik diselenggarakannya kegiatan rutin mingguan Car Free Day, Koalisi Masyarakat Sipil Riau Untuk Sulteng Bergerak yang digagas WALHI Riau yang diikuti berbagai komunitas di Riau, melaksanakan penggalangan donasi terbuka secara berkelanjutan.

Salah satunya dengan menggelar berbagai rangkaian acara seperti panggung seni dan musik yang dilaksanakan di lokasi CFD, Minggu (7/10). Setelah ini Koalisi Masyarakat Sipil Riau untuk Sulteng Bergerak akan melanjutkan penggalangan dana di Living World Mall Jumat (12/10) mendatang.

Kurniawan Wahyudi yang merupakan koordinator dari Posko Induk Koalisi Masyarakat Sipil Riau Untuk Sulteng Bergerak, mengatakan, koalisi ini terbuka untuk siapa saja kelompok, komunitas maupun individu yang ingin bergabung menggalang dana atau memberikan donasi serta bantuan lainnya untuk masyarakat di Sulawesi Tengah, Palu dan Donggala khususnya.

“Posko induk kita untuk di Pekanbaru berada di Kantor WALHI Riau, Jalan Cempedak I Nomor 7 dan terdapat beberapa posko penghubung di Kota Pekanbar,’’ ujar Yudi yang biasa ia disapa.

Posko ini juga nantinya akan menggalang donasi dan bantuan dari berbagai kabupaten yang ada di Provinsi Riau untuk disalurkan ke lokasi bencana.
Hasil penggalangan dana dan bantuan ini, akan disalurkan melalui WALHI Sulteng. Sebab informasi terakhir yang diperoleh, kata Yudi, korban gempa dan tsunami membutuhkan donasi logistik dan WALHI Sulteng-lah nantinya yang akan menyalurkan sesuai kebutuhan korban.

Bagi masyarakat yang ingin mendonasikan bantuan, lanjut Yudi, bisa langsung menghubungi posko induk di Jalan Cempedak atau beberapa posko lain yang sudah dibentuk bersama antar komunitas.

Antara lain, Pasir Putih (Pondok Belantara), CP Eko Handyko (081274147769), Panam (Sekretariat WANAPALHI), CP Faisal (081374454409), Garuda Sakti (Sekretariat MAPALA Suluh), CP Novia (081275505226), Gobah (Bahana Mahasiswa UR), CP Agus (085364463189), Sukajadi (LBH Pekanbaru), CP Noval (085278735200), Marpoyan (Fitra Riau), CP Sartika (081363711345), dan Rumbai (Kampus Unilak), CP Mona (082383687041). Selain itu, juga bisa mengirimkan donasi ke rekening dengan nomor 3019991980 a/n Yayasan Wahana lingkungan Hidup Indonesia.***(rls)