Bupati Rohul Pimpin Upacara Peringatan Hari Anak Nasional

Bupati Rohul Pimpin Upacara Peringatan Hari Anak Nasional

Rohul(SegmenNews.com)- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman pimpin Upacara Dalam Rangka memperingati Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Rohul. Kegiatan tahunan hari ini dengan mengusung tema “Anak Indonesia Anak Genius” ini diikuti ratusan pelajar, mulai dari tingkatan usia PAUD sampai SMA terlihat memadati halaman Kantor Bupati Rokan Hulu (Rohul), Kamis (18/10/2018) pagi.

Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Rohul kali ini, diawali dengan Pengukuhan Forum Anak Kabupaten dan Kecamatan, dilanjutkan dengan senam massal anak usia PAUD. Di lokasi acara juga terlihat berbagai pelayanan kesehatan seperti pemeriksaan gula darah, kolestrol dan deteksi dini penyakit TBC.

Dalam acara ini turut juga dihadiri Hadiri Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua SIK M.Si, Kajari Rohul Freddy Daniel Simandjuntak SH M.Hum dan Forkompinda, Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa, Organisasi Wanita, Forum Anak Rohul dan Ratusan anak-anak dari TK dan Paud Se Kecamatan Rambah.

Pada kesempatan itu, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman dalam sambutanya mengatakan, Peringatan Hari Anak Nasional bermakna agar anak dapat merasakan haknya untuk hidup dan tumbuh kembang anak dapat terpenuhi dari orang tua dan Pemerintah.

Lanjut Sukiman, Anak merupakan sama seperti orang dewasa yang memiliki hak asasi, anak berhak untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu dan menggali potensi anak sesuai dengan kemampuannya. Dengan menjaga kesehatan sesuai dengan kebutuhan untuk menerima dan mencari infomasi tentang nilai kebutuhan hak anak sangat penting.

“Jadi anak berhak untuk bermain memanfaatkan waktu luang beristirahat dan berkewajiban melindungi. Menjaga Anak dari diskriminasi, eksploitasi, penganiayaan dan sebagainya. Karena saat ini maraknya kekerasan terhadap anak,” kata Mantan Dandim Inhil ini.

Bupati Sukiman menambahkan masalah Stunting saat ini merupakan masalah serius yang menjadi tugas bersama dalam mengatasinya. Pada Peringatan hari anak ini saya mengajak untuk mengasuh anak dan mendidiknya agar menjaga pola hidup sehat dan cerdas.

“Jadi Stunting ini timbul bisa jadi karena adanya unsur ketidaktahuan orang tua dalam memberikan kebutuhan gizi sesuai dengan asupan makan anak, maka disini peran orang tua atau keluarga yang merupakan ujung tombak pengasuhan anak,” katanya.

Kata Sukiman, Momen ini hendaknya sebagai evaluasi prilaku apa yang dapat memenuhi hak anak dan pengetahuan anak kepada lingkungan sehingga anak terjamin sesuai dengan tema Hari Anak Nasional hari ini “Anak Indonesia Anak Genius”.

Bupati juga mengapresiasi pihak kepolisian yang telah berhasil mengungkap peredaran Narkoba, sehingga banyak anak yang bisa terselamatkan dari dampak buruk barang haram tersebut.

“Kita apresiasi komitmen Kepolisian memberantas peredaran Narkoba di Rohul. Perlu kerjasama Pemerintah daerah, kepolisian termasuk wartawan mencegah agar generasi muda kita bebas dari bahaya Narkoba,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman dalam sambutannya mengatakan, momentum peringatan Hari Anak Nasional ini merupakan sebagai upaya untuk menyesuaikan Hak Asasi dan penghormatan kepada anak Rohul, agar menjadi sosok pribadi yang sehat, bahagia dan aman.

Lanjut Hj Peni, hal yang sangat penting untuk menjaga pada Usia Emas Anak Usia Dini (Golden Age) anak harus betul-betul mendapatkan perhatian dari Keluarga dan Pemerintah, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk memberikan kasih sayang kepada anak dan mencurahkan perhatian kepada anak.

“Untuk mewujudkan usia emas pada anak caranya adalah dengan menerapkan disiplin pada anak dan pemenuhan gizi yang cukup, untuk pertumbuhan fisik dan lain sebagainya, selain itu memberikan pendidikan yang baik kepada anak,” kata Hj Peni.

Melalu Germas, Lanjut Hj Peni, perlu dilaksanakan secara terencana yang dilakukan bersama dan kemampuan untuk berprilaku kesehatan dan menjaga kualitas hidup, maka pada momen peringatan Hari Anak ini, Pemkab membuka cek pelayanan gratis, stand Germas dan Pameran. Tindakan yang nyata digelar hari ini dapat menumbuh kembangkan anak dengan pola asuh anak yang harus seimbang.

“Memang Rohul masuk dalam lokus Stunting, agar anak tumbuh sehat dan cerdas berharap kita menguatkan komitmen agar menjaga akan pentingnya kesehatan. Saya Menghimbau agar semua hendaknya melakaskankan masyarakat hidup sehat harus dimulai dari keluarga menenciptakan gerakan hidup sehat dan bersih,” katanya.***(adv/humas/fit)