Wacana, Pemkab Rohil Rekrut Kembali Tenaga Honorer yang Dirumahkan

ekretaris Daerah (Sekda) Drs. H Surya Arfan MSi

Rohil(SegmenNews.com)-Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan kembali melakukan perekrutan terhadap tenaga honorer yang telah di rumahkan beberapa waktu lalu karena devisit anggaran.

“Tadi kita melaksanakan pertemuan bersama seluruh OPD dan Kepala Bagian untuk membicarakan tentang langkah-langkah yang akan di ambil terhadap tenaga honorer yang dirumahkan kemaren,”kata Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. H Surya Arfan MSi, Jumat (19/10/2018).

Surya Arfan juga meluruskan, bahwa beberapa pemberitaan terkait pemberhentian tenaga honorer yang menyebutkan 12 ribu lebih tidak benar adanya. 12 ribu tersebut merupakan jumlah keseluruhan dari tenaga honorer yang ada di Rohil.

“Sementara hingga hari ini tenaga kesehatan, tenaga pendidikan sekolah negeri itukan masih bekerja, kemudian cleaning service, kebersihan jalan dan sopir masih bekerja, jadi yang dirumahkan itu adalah tenaga teknis. jumlah yang dirumahkan berkisar 4.000 lebih,”jelasnya.

Perekrutan kembali para tenaga honorer lanjut Surya,

Sesuai dengan janji Bupati H Suyatno lanjut Surya, perekrutan kembali para tenaga honorer yang sebelumnya menyebutkan akan kembali melakukan perekrutan sesuai dengan kebutuhan setiap OPD.

“Makanya pada hari ini kami tadi melakukan pertemuan untuk menyikapi permulaan seperti janji pak bupati, bahwa kita akan melakukan seleksi ulang terhadap para honorer,”sebutnya.

Dalam rapat tadi, saya (Sekda-red) meminta kepada seluruh OPD untuk merumuskan berapa banyak tenaga honorer yang dibutuhkan, dan dibidang apa saja di masing-masing OPD agar dapat menjadi acuan dalam proses perekrutan.

Surya Arfan juga menegaskan, perekrutan tenaga honorer sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing OPD, hal tersebut dikarenakan setiap kepala OPD lebih tau jumlah kebutuhan maupuin aspek kwalifikasinya serta potensinya.

“Pak bupati maupun wakil dan saya tidak ada ikut campur, yang penting mereka melaksanakan dengan sebaik-baiknya dan jangan sampai ada pilih kasih dan sesuai dengan kebutuhan kantor,”tegasnya.

Untuk cleaning service, supir dan jaga malam laanjutnya, nantinya akan disepakati berapa jumlahnya. “Kita tadi meminta dalam beberapa hari ini sudah masuk lagi kedalam BKPSDM untuk dilakukan perekapan berapa semua jumlah yang kita butuhkan,”paparnya.

Sekda juga meminta para tenaga honorer untuk bersabar, karena perekrutan akan dilakukan secepatnya sehingga sudah dianggarkan pada APBD tahun 2019 mendatang.

“Karena kita juga sangat merasakan, selama para honorer di rumahkan kita sangat terganggu dalam melaksanakn pekerjaan. karena tenaga mereka sangat kita butuhkan dalam membantu pekerjaan PNS,”sebutnya.

Setelah dilakukan perekrutan sesuai kebutuhan tambahnya lagi, tentunya gaji honorer nantinya akan lebih besar daripada sebelumnya. hal tersebut dikarenakan jumlah tenaga honorer tidak sebanyak saat belum dilakukan pemberhentian.

“Kemungkinan nanti besaran gaji tenaga honorer yang akan kita terima gajinya akan lebih besar dari sebelaumnya, kalau dulu kan Rp.650 ribu, dengan jumlah honor yang tidak begitu banyak kita bisa memberikan kesejahteraan pada mereka,”pungkasnya.(Chan)