Kuansing Maksimalkan Kualitas Pendidikan

Kuansing(SegmenNews.com)- Meningkatkan kualitas pendidikan di daerah, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melalui program Community Development (CD) menjalin kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dengan ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang program Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar pada, Jumat (9/11) di Kantor Bupati Kuansing.

Bupati Kuansing, Drs H Mursini MSi mengatakan program peningkatan mutu ini sangat bagus dilaksanakan di daerahnya dimana SD yang ada di Kuansing dapat bersaing di tingkat yang lebih tinggi. Ia apresiasi kepada RAPP yang telah menginisiasi program ini.

“Sangat penting untuk memaksimalkan peningkatkan pendidikan yang ada di daerah. Kegiatan yang diadakan RAPP ini tepat sekali karena selaras dengan program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. RAPP tidak hanya memberikan pelatihan tetapi juga memberikan dukungan infrastruktur pendidikan. Kami apresiasi dan mengucapkan terima kasih,” terang Mursini.

Selain itu, CD RAPP juga mengadakan Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah bagi kepala sekolah dan pengawas di lima kabupaten, yakni Pelalawan, Siak, Kepualuan Meranti, Kampar, dan Kuantan Singingi pada 8 hingga 9 November 2018 di Hotel Unigraha, Pangkalan Kerinci.

MBS adalah proses mengelola sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif secara langsung semua komponen warga sekolah, yaitu kepala sekolah, guru, siswa, orang tua dan masyarakat.

Salah satu peserta, Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti Slamet Riyadi mengatakan banyak sekolah yang membutuhkan bimbingan untuk meningkatkan mutu sekolah. Menurutnya, kegiatan ini membuka pola pikir dan meningkatkan ide kepala sekolah untuk membawa sekolah ke arah yang lebih baik.

“Sangat bagus kegiatan ini. RAPP telah banyak berperan dalam bidang pendidikan. Ada beberapa sekolah yang telah dibantu RAPP dalam bentuk sarana dan prasarana seperti infrastruktur sekolah,” tutur Slamet.

Direktur CD RAPP, Marzum mengatakan perusahaan membantu dan mendukung pendidikan di daerah dengan mengadakan berbagai macam pelatihan, perbaikan infrastruktur dan lainnya. Dikatakan Marzum, program ini berjalan juga berkat dukungan dari pemerintah.

“Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah bagi kepala sekolah dan pengawas ini dilaksanakan di lima kabupaten, yakni Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti, Kampar, dan Kuantan Singingi. Kami berharap bisa membantu meningkatkan kualitas pendidikan sehingga melahirkan SDM yang berkualitas,” tutup Marzum. (rls)