Santri Ponpes Al-Itihad yang Keracunan Rata-rata Usia 13-16

ilustrasi

SegmenNews.com- Puluhan santri Pondok Pesantren Al-Itihad, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami keracunan makanan. Santri yang mendapatkan perawatan di Puskesmas Bayongbong rata-rata berusia 13 sampai 16 tahun.

Kepala Puskesmas Bayongbong, Elan Suhelan mengatakan, korban keracunan sudah mulai berdatangan ke puskesmas secara serentak, Jumat (16/11/18) malam. Rata-rata mereka mengeluhkan pusing, mual dan sampai muntah-muntah.

“Korban mengeluhkan sakit pusing dan mual,” kata Elan, lansir AntaraNews, Sabtu (17/11/18).

Bebernya, berdasarkan hasil pendataan hingga Jumat malam sebanyak 37 orang santri mendapatkan perawatan medis di Puskesmas Bayongbong. Korban yang mendapatkan penanganan rata-rata berusia 13 sampai 16 tahun dalam kondisi lemah karena menderita pusing, muntah-muntah disertai diare.

“Sampai sekarang mereka masih mendapatkan perawatan intensif di puskesmas,” katanya.

Santri yang mengalami keracunan tersebut mendapatkan perhatian sigap dari para petugas medis, masyarakat, kepolisian, bahkan TNI setempat. Bahkan Komandan Koramil Bayongbong Kapten Czi Dayat Juhanda terjun ke lapangan untuk membantu mengevakuasi para korban untuk mendapatkan penanganan medis.

Ia menyampaikan, berdasarkan keluhan sejumlah korban, rasa pusing dan mual itu berawal setelah menyantap makanan seblak. “Mereka satu per satu pusing, mual-mual dan muntah, melihat kondisi seperti itu mereka langsung dibawa ke puskesmas,” katanya.

Kasus keracunan makanan menimpa santri tersebut masih dalam penyelidikan kepolisian, sejumlah saksi dan korban telah dimintai keterangan, berikut mengambil sampel makanan untuk dilakukan uji laboratorium.***

Editor: Ran
Sumber: Antaranews