Ribuan Ikan Mati Ditemukan di Sungai Kerinci-Pelalawan

Ribuan ikan mati kembali ditemukan di aliran sungai Kampar di Pelalawan

Pangkalan Kerinci(SegmenNews.com)- Belum lepas kerugian akibat fenomena aneh yang terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar yang menyebabkan ribuan ikan mati, kali ini ribuan ikan mati juga ditemukan oleh nelayan di daerah Sungai Kerinci, Desa Terusan Baru, Kacamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Puluhan ribu ikan mati diduga akibat limbah Perusahaan ini terjadi pada, Kamis (3/1/19) diperkirakan pukul 06:00 WIB. Matinya ikan itu, sempat membuat nelayan dan masyarakat di bantaran Sungai Kerinci heboh, pasalnya kejadian aneh sudah sangat sering terjadi setelah musibah banjir yang melanda di daerah mereka beberapa waktu lalu ini.

Kepada SegmenNews.com Andre (26) pemuda yang juga nelayan yang biasa mencari ikan mengatakan puluhan ribu ikan mati di sungai Kerinci itu terjadi secara tiba-tiba, pihaknya menduga ikan mati tersebut akibat limbah perusahaan yang dekat dengan sungai itu.

Warga menangkap ikan mati

“Sekitar jam 06:00 WIB lah, saya kesini sekitar jam 08:00 WIB tadi ikan sudah banyak mati, biasanya ikan mati seperti ini diduga akibat limbah perusahaan ni pak. Lantaran bau airnya pun agak beda,” ucapnya.

Baca Juga: Ribuan Ikan Mati Mendadak di Aliran Sungai Kampar 

Selain itu, hal senada juga disampaikan Rian (30) warga pangkalan kerinci, bahwa dengan matinya ikan itu masyarakat sangat di rugikan, karena banyaknya ikan kecil-kecil mati tak tahu sebab dan musababnya.

“Kami sangat di rugikan disini sebetulnya, apalagi kawan-kawan kami yang berprofesi sebagai nelayan disini, sudah pasti kehilangan mata pencahariannya akibat banyaknya ikan mati ini. Dengan kejadian ini kami minta pihak terkait bisa menindak tegas ulah-ulah tangan yang tidak bertanggung jawab itu,” harapnya menegaskan.

Pantauan SegmenNews.com dilapangan sampai saat ini, masyarakat di bantaran sungai kerinci masih terlihat ramai memungut puluhan ribu ikan mati di sungai tersebut.***(Ris)