Ditinggal Orangtua, Gadis 14 Tahun Rawat 2 Adik Masih Balita

Ditinggal Orangtua, Gadis 14 Tahun Rawat 2 Adik Masih Balita

Pangkalan Kerinci(SegmenNews.com)- Gadis berusia 14 tahun terpaksa harus merawat dua adiknya yang masih berusia dibawah lima tahun. Tiga kakak beradik tersebut ditinggal pergi oleh kedua orangtuanya.

Dua adiknya itu, Purwanto usia 20 bulan dan Jannah usia 4 bulan. Tiga kakak beradik itu tinggal di Dusun Telayap, Desa Tampoi, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Awalnya keluarga kecil itu ditinggal pergi ayahnya, kemudian ibu mereka Ijazah (40) meninggal dunia akibat penyakit TBC yang dideritanya. Kini ketiga kakak beradik hidup tanpa kedua orangtua.

Nasib tiga kakak beradik tersebut mendapat perhatian serius oleh pemerintah setempat, dan mengupayakan memberikan bantuan.

Bupati Pelalawan H.M.Harris yang mendapat laporan tersebut langsungĀ  memerintahkan kepada OPD terkait yakni Dinas Kesejahteraan Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana dan pihak kecamatan untuk mengambil langkah-langkah penanganan dengan cepat.

Pihak terkait kait segera memastikan perlindungan sosial, pemenuhan kebutuhan anak, bedah rumah,pemenuhan ekonomi anak,serta kesehatan dan pendidikan bagi anak tersebut dan segera OPD terkait untuk memastikan dan mengecek langsung turun kelapangan.

Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial (Diskessos) Mayhendri,M.Si melalui sambungan telepon di Pangkalan Kerinci, Jumat (11/01/19) mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membantu.

“Insyaallah besok kami bersama Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Provinsi Riau akan berkunjung kesana juga.Disamping hal demikian bantuan diberikan oleh pihak luar seperti dari Baznas,Perusahaan dan masyarakat setempat.Kebutuhan mereka alhamdulillah tercukupi,” jelas Mayhendri.***(ris)