Wujudkan Kecamatan Sehat, Camat Ujung Batu Gandeng Banyak Pihak

Rohul(SegmenNews.com)- Pemerintah Kecamatan Ujung Batu, dorong masyarakat baik yang ada di kelurahan maupun desa upaya membudayakan gaya hidup sehat dan bersih. Langkah konkrit ini dianggap bisa mendorong kecamatan urban ini menjadi salah satu kecamatan sehat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Itu disampaikan Camat Ujung Batu, Arie Gunadi SSTP, dalam acara sosialisasi kecamatan sehat di aula Intan Podi kantor kecamatan setempat, Selasa (29/1/2019) sore kemarin.

Sosialisasi kecamatan sehat, melibatkan banyak pihak selain masyarakat juga hadir Kapolsek Ujung Batu, Kompol Edwar Palis ST, Danramil 08 Ujung Batu/TDN, Kepala KUA, Koordinator mulai dari pendidikan, KB dan Balai Penyuluhan Pertanian, Lurah dan Kepala Desa SE Ujung Batu, Ketua BPD, PKK Desa, dan beberapa unsur kesehatan dan pendidikan seputar wilayah Ujung Batu.

Camat Arie Gunadi juga menjelaskan, sosialisasi kecamatan sehat ini merupakan dasar untuk mencapai kabupaten sehat. Karena itu, seluruh pihak yang hadir saat itu diberikan pemahaman apa yang dimaksud dengan kecamatan sehat, apa yang menjadi indikator, serta apa saja variabel yang menjadi penilaiannya nanti.

“Narasumber hadir dari pihak Dinas Kesehatan dan Bappeda Rohul,” jelas Arie.

Mantan Sekretaris DPMPD menambahkan, lewat sosialisasi tersebut pihaknya beserta segenap unsur yang terlibat lebih mengetahui apa yang harus dipersiapkan jelang penilaian.

 “Sosialisasi ini sangat kita butuhkan, untuk lebih mematangkan kesiapan jelang penilaian kecamatan sehat itu sendiri,” sebut Arie.

Guna mencapai harapan tersebut, diakui Arie memang tidak mudah, sebab butuh kerja ekstra memberi masukan pada masyarakat bagaimana untuk membudayakan gaya hidup sehat dan bersih, yang dimulai dari rumah pribadi.

Meski demikian, rasa optimis harus juga tumbuh melihat dukungan peserta yang hadir pada saat kegiatan sosialisasi. Dirinya mengajak seluruh pihak sama-sama berkomitmen dan serius bekerja di lapangan untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Rokan Hulu Sehat.

“Kita sangat berharap ke seluruh pihak terkait, Julia dari Kadus, kader Posyandu dan PKK kelurahan dan desa, bidan desa, lurah dan kades serta pihak sekolah, UPTD dan Koordinator Dinas, dan juga Upika ikut andil dalam rangka mewujudkan kecamatan Sehat demi mendukung terwujudnya Kabupaten Rohul yang sehat,” ajak Camat.***(fit)