Kabag Humas Meranti Sebut Penggunaan Embarkasi Haji Batam Sangat Efesien

Hery Saputra SH

Meranti(SegmenNews.com)- Kabag Humas Kabupaten Kepulauan Meranti,  Hery Saputra SH menyebutkan, penggunaan Embarkasi Haji Batam bagi Jemaah Calon Haji (JCH) Meranti sangat efesien.

Dijelaskannya, hal itu mengingat wilayah Kabupaten Meranti sangat dekat dengan kota Batam ketimbang menggunakan Embarkasi Riau di Pekanbaru.

Kedekatan wilayah tersebut sangat efesien baik jarak, anggaran dan kondisi kesehatan JCH tetap terjaga.

Usulan tersebut telah disampaikan kepada Kementrian Agama RI, melalui surat Bernomor 180/HK/14, agar tetap bisa menggunakan Embarkasi Batam.

“Usulan tersebut telah melalui pertimbangan mendalam dari berbagai pihak termasuk masyarakat, baik dari segi Efisiensi, Aksesbilitas maupun Mobilitas jemaah haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci,” ujarnya

Disampaikam Heri, ia sangat menyayangkan pernyataan pihak lain, yang seolah-olah usulan penggunaan Embarkasi Batam itu ada unsur politik.

“Jika kita kaji dari segi Geografis posisi Kabupaten Meranti lebih dekat dengan Kota Batam, dan menurut hemat kami perjalanan ke Batam lebih dekat dan efisien karena sekali jalan melalui jalur laut, dibandingkan ke Pekanbaru yang terjadi dua kali transit laut dan darat,” jelas Hery.

Apalagi jika mempertimbangkan kondisi jemaah haji Meranti yang rata-rata sudah berusia lanjut tentu sangat melelahkan dan merepotkan.

Pemkab Meranti kata, Hery sangat berharap Pemprov Riau bisa melihat masalah ini dalam artian luas dan tidak sempit, dengan melihat secara jeli apa yang menjadi pertimbangan Pemerintah Kabupaten Meranti meminta dispensasi tetap menggunakan jalur Emabrkasi Batam dalam memberangkatkan jemaah hajinya.

“Kita sangat berharap Pemprov Riau lebih cermat memandang persoalan ini, dan tidak langsung memvonis niat baik ini dengan mengait-ngaitkannya dengan urusan politik,” papar Heri lagi.***(rls/hms)