Massa Desak Pemkab Meranti Tuntaskan Persoalan Limbah Sagu

Massa Desak Pemkab Meranti Tuntaskan Persoalan Limbah Sagu

Meranti(SegmenNews.com)- Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mendesak Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menuntaskan persoalan limbah sagu.

Aksi yang terdiri dari Gemantara Raya, LM2R, LSM Suir Sejati ini dilakukan di halaman kantor Bupati jalan Dorak Selatpanjang, Senin (18/2/2019).

Kordinator aksi, Jeprizal mengatakan, hingga saat ini masalah limbah sagu belum bisa diatasi oleh pemerintah.

Untuk itu, ia meminta Bupati turun tangan dan serius menangani persoalan limbah sagubini.

Diamoing itu, penyeleksian perizinan penebangan kayu untuk membuatan kapal, dan menuntut perusahaan kilang sagu untuk membayar kompensasi.

“Hampir tidak ada satupun masalah disini tidak ada yang tertuntaskan. Disini masyarakat dapat melihat kegagalan pemerintah” ujar Jeprizal dalam orasinya.

Selain itu, dalam aksi ini massa juga menuntut Bupati untuk mencabut jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) karena dianggap gagal dalam menangani persoalan limbah sagu ini.

“Kita hadir disini untuk mendesak pemerintah untuk jangan mencoba cuci tangan, jangan “kongkalikong”, karena ini masalah kita bersama. Kita mau para pejabat dan kepala daerah untuk segera mengusut tuntas masalah ini” sebutnya lagi.

Diketahui, masalah limbah sagu di Kepulauan Meranti sudah menjadi permasalahan yang belum terselesaikan oleh pemerintah Kabupaten Meranti. Saat ini di Meranti terdapat sekitar 96 kilang sagu dan tentu diiringi juga dengan peningkatan limbah dari industri menghasilkan produsen tepung sagu ini.***(Dham)