Sekda Rohul Buka Kompetensi Olahraga Madrasah

Rohul(SegmenNews.com)- Seketaris daerah (Sekda), Abdul Haris Buka Ajang Kompetisi Olahraga Madrasah (Aksioma) tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2019 dimulai, Kamis (28/3/2019). Aksioma tahun ini diikuti sekira 1.100 pelajar dari 80 madrasah yang ada di Rokan Hulu.

Ajang olahraga pelajar madrasah tahunan yang dipusatkan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Rokan Hulu, Pasirpangaraian, secara resmi dibuka Sekretaris Daerah‎ (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, didampingi Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Rokan Hulu Drs. Syahrudin M.Sy.

Pembukaan Aksioma turut dihadiri Kepala Disdikpora Kabupaten Rokan Hulu Ibnu Ulya, Kasi Pendis Kemenag Rokan Hulu Rusli S.Ag, para Kepala Madrasah se-Rohul, dan turut diramaikan oleh ribuan pelajar madrasah.

Pembukaan Aksioma 2019 sendiri ditandai dengan pawai yang diikuti ribuan pelajar dari 80 madrasah se-Kabupaten Rokan Hulu, mulai tingkat Madrasah Ibtidaiyah atau MI, MTs, sampai Madrasah Aliyah atau MA.

Ketua Panitia Aksioma 2019, Ahmad Siregar, juga merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Darul Qur’an Kunto Darussalam mengatakan Aksioma merupakan agenda tahunan madrasah di seluruh daerah, termasuk di Kabupaten Rokan Hulu.

Diakuinya, bila Aksioma dilaksanakan sebelumnya sederhana dan hasil prestasi apa adanya, namun pada Aksioma 2019 digelar secara besar-besaran dengan harapan prestasi yang diraih juga luar biasa sampai akhir nanti.

‎Ahmad mengungkapkan ada 12 cabang lomba yang dilombakan di Aksioma tahun 2019 untuk tingkat MTs dan MA. Sedangkan untuk tingkat MI hanya 5 cabang yang dilombakan.

“Aksioma tahun ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai 28 Maret sampai 30 Maret 2019. Kegiatan diikuti sebanyak 1.100 peserta dari 80 madrasah tingkat MI, MTs, dan MA se-Rokan Hulu,” jelas Ahmad Siregar.

Ahmad menambahkan ada beberapa lokasi lomba disediakan panitia, seperti Gelanggang Olah Raga (GOR) Fortuna, GOR Okak, Gedung Dharma Wanita, aula Kantor Kemenag Rokan Hulu, dan lokasi lainnya.

Sementara, saat membuka Aksioma 2019, Sekda Rokan Hulu Abdul Haris‎ mengharapkan dari Aksioma tersebut akan lahir atlet-atlet baru untuk membawa nama baik Kabupaten Rokan Hulu, baik di tingkat provinsi sampai nasional.

Untuk mendapatkan atlet yang benar-benar berkualitas, Abdul Haris juga berharap wasit atau juri pertandingan bertindak netral sampai babak final nanti.

“Kita juga berharap peserta mengutamakan sportif saat bertanding,” pesan Sekda Rokan Hulu.

Terlepas itu, Sekda‎ Abdul Haris mengatakan Pemkab Rokan Hulu, melalui Bidang Kesra punya beberapa program, seperti penentuan Masjid Paripurna dan beberapa kegiatan keagamaan.

Terkhusus untuk madrasah, sambung Sekda, karena pembinaan masih di bawah Kemenag, maka pemerintah daerah‎ sifatnya hanya bisa membantu, dan juga tentunya berpartisipasi.

“Jika ada madrasah atau di lingkungan pendidikan di bawah Kementrian Agama membutuhkan bantuan‎ dari pemerintah daerah, ini kita akan mencoba memfasilitasi sesuai ketentuan,” jelas Abdul Haris, salah satunya bantuan dana hibah, namun harus sesuai prosedur berlaku.***(Adv/Pemkab Rohul)