Wakajati Riau dan Pemkab Meranti Tingkatkan Kerjasama Pelayanan Hukum

Meranti(SegmenNews.com)-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Wakil Bupati H. Said Hasyim dan Jajaran serta tokoh masyarakat menggelar ramah tamah dengan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Dr. Mia Amiati SH MH dan rombongan, bertempat di Ballroom Hotel Grand Meranti, Rabu (1/6/2019).

Turut hadirĀ Aspidum Kejati Riau Sofian Selle, Asisten Pengawas Kejati Riau Heru SH, Kajari Meranti Budi Rahardjo SH MH dan Jajaran, Sekdakab. Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Danramil Tebing Tinggi, Kepala Pengadilan Agama Meranti, Jajaran Pejabat Eselon II dan III Dilingkungan Pemkab. Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kasi Narkotika Kejati Riau Edy Monang SH, Kasi Kejati Riau Oharda Rasyid SH, Ketua MUI Meranti H. Mustafa S.Ag, Tokoh Masyarakat/Agama/ Pemuda dan lainnya.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim mengucapkan terima kasih kepada Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau dan jajaran yang telah sudi berkunjung ke Meranti.

Selanjutnya Wakil Bupati menceritakan sejarah singkat Meranti yang terbentuk dari tiga pulau yakni Merbau, Rangsang dan Tebing Tinggi. Sebelum Kota Batam ada Selatpanjang Meranti merupakan pusat perdagangan di Riau sangking majunya daerah ini mata uang yang digunakan untuk pembayaran selain Rupiah menggunakan Ringgit dan Dolar Sing.

Sebagai daerah perdagangan Meranti dikunjungi oleh pendatang dari berbagai penjuru Indonesia sehingga masyarakat Meranti saat ini sangat heterogen, meski begitu tetap hidup rukun dan damai.

Sebagai Kabupaten termuda di Riau Meranti terus menggesa pembangunan namun seperti dijelaskan Wakil Bupati untuk membangun Infrastruktur di Meranti membutuhkan dana yang besar disebabkan harga bahan bangunan cukup mahal dibanding daratan begitu juga sembako kebutuhan hidup masyarakat.

Sementara itu Wakil Kejati Riau Dr. Mia Amiati dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas sambutan Pemkab. Meranti yang hangat. Dikatakannya sebagai aparat penegak hukum Kejaksaan berkewajiban memberikan pelayanan hukum terbaik kepada masyarakat.

Selanjutnya dihadapan seluruh tamu yang hadir Wakajati Riau menjelaskan tentang tugas dan fungsi Kejaksaan sebagai aparat penegak hukum. Mulai dariĀ bidang pengawasan, eksekusi dan penyelidikan dan yang tak kalah penting memberikan penyuluhan gratis kepada masyarakat daalam rangka meningkatkan kesadaran hukum, selanjutnya melalaui TP4D Kejaksaan mengawal dan memberi pendampingan pelaksanaan pembangunan di daerah.

Lebih jauh disampaikan Wakajati Riau Dr. Mia Amiati juga menyediakan layanan hukum bagi siapa saja yang membutuhkan informasi sesua dengan tupoksi yang melekat pada Kejaksaan.

“Silahkan datang ke Kejari untuk mendapatkan informasi tentang hukum yang menjadi salah satu tugas dari Kejaksaan,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan Wakajati Riau Mia Amiati setiap anggota masyarakat perlu mengenal hukum agar dapat menghidari hukuman. Karena seluruh aktifitas kehidupan akan berhadapan dengan hukum jika dijalankan tidak sesuai aturan.

“Jika berhadapan hukum agar selamat taati aturan karena setiap petugas hukum tidak bisa membiarkan sebuah pelanggaran,” jelasnya.

Terakhir Wakajati Riau berpesan kepada jajarannya di Kejaksaan Negeri Meranti agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan mampu bekerja sama dengan Pemda Meranti serta masyarakat.

Kegiatan silahturahmi dan ramah tamah antara Pemda Meranti dan Kejaksaan Tinggi Riau serta Tokoh Masyarakat yang berlangsung hangat penuh rasa kekeluargaan ditutup dengan penyerahan cendera mata dari Pemkab. Meranti kepada Wakajati Riau Dr. Mia Amiati yang diserahkan oleh Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim salam salaman. (Humas Pemkab. Meranti).