Mandi Balimau Besamo, Tradisi Adat Tahunan yang Perlu Dilestarikan

Mandi Balimau Besamo, Tradisi Adat Tahunan yang Perlu Dilestarikan

Bunut (SegmenNews.com)- Adat mandi belimau kasai merupakan adat atau tradisi tahunan dalam menyambut bulan suci ramadhan di Provinsi Riau. Hal ini terbukti di setiap Kabupaten, bahkan di Kecamatan yang ada di Riau malaksanakan adat mandi balimau kasai ini.

Di Kabupaten Pelalawan, di beberapa Kecamatan banyak yang telah melaksanakan adat mandi balimau kasai ini mulai dari Pembukaan mandi Balimau Kasai di Kerajaan Pelalawan, Kecamatan Pelalawan dilanjutkan dengan mandi Balimau Potang Mogang di Kecamatan Langgam.

Pada hari ini, Sabtu (4/5/19) hadir di Kacamatan Bunut, dengan nama yang berbeda pula, yakni “Mandi Balimau Basamo”. Pada prosesinya mandi balimau basamo ini didahului dengan ziarah ke kuburan para pendahulu dengan melaksanakan doa bersama, setelah itu, baru dilanjutkan prosesi mandi belimau kasai basamo atau di kenal mandi belimau basamo oleh masyarakat Bunut.

Acara yang dilaksanakan di areal Sungai Kepojan, Kelurahan Pangkalan Bunut ini merupakan tempat permanen yang ditetapkan oleh Pemda melalui Pemerintah kecamatan (Pemcam) Bunut, untuk melaksanakan adat istiadat mandi belimau besamo tersebut.

Pada acara itu, Pemcam Bunut Sri Nursai, SE dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas kedatangan Wakil Bupati Pelalawan Drs. H. Zardewan, MM yang telah ikut serta hadir memeriahkan agenda tahunan Pemcam tersebut.

“Atas nama pemerintah kecamatan bunut kami mengucapkan terima kasih, atas datangnya bapak wakil Bupati Pelalawan beserta rombongan, dalam rangka mandi belimau besamo di Kecamatan Bunut ini,” ucap Sri sapaan akrabnya ini.

Selain itu, Sri juga menyampaikan terkait perkembangan pregres jembatan dusun sungai medang, Kelurahan Bunut yang sudah lama diimpikan masyarakat.

“Pada kesempatan kali ini, kami atas nama pemerintah juga berharap jembatan yang berfungsi untuk masyarakat, dan memperindah lokasi mandi balimau kasai ini bisa terwujud sesuai harapan masyarakat,” ujar Sri berharap.

Dalam hal itu, Sri juga mengucapkan selamat atas kedatangan bulan suci ramadhan atas nama pemerintah kecamatan Bunut kepada seluruh undangan dan masyarakat yang hadir.

“Kami atas nama pemerintahan Kecamatan Bunut, kami mengucapkan marhaban ya ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa untuk kita semua,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pelalawan Drs. H. Zardewan, M.M, dalam sambutannya megatakan pihaknya, akan semaksimal mungkin mengusahakan terkait keluhan masyarakat selama masa sisa jabatannya.

“Terkait jembatan, kami akan usahakan semaksimal mungkin untuk pembangunanya nanti, mudahan-mudahan cepat terealisasi, sesuai harapan masyarakat, doakan saja selama masa jabatan ini, nanti bisa dibangun secepatnya, karena ini juga berfungsi untuk melestarikan agenda tahunan mandi balimau besamo ini,” ucap putera kelahiran Bunut ini.

Pada kesempatan ini, kata Zardewan, dirinya mewakili Pemerintah Daerah (Pemda) mengucapkan marhaban ya ramadhan dan pihaknya juga berpesan selama bulan ramadhan kondisi masyarakat di Bunut bisa selalau kondusif.

“Mewakili Pemda, kami mengucapkan marhaban ya ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa, harapan kita selama bulan ramadhan ini masyarakat Kecamatan Bunut khususnya, masyarakat Kabupaten Pelalawan umumnya bisa kondusif dan aman dalam menjalankan ibadah dan dapat menambah kekuatan iman dan taqwa kita semua,” harapnya berpesan.***(Ris).