Bawaslu se Riau Lakukan Rapat Kerja Teknis Laporan Akhir Pemilu 2019

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau melaksanakan rapat kerja teknis penyusunan laporan akhir Pemilihan umum 2019, di hotel premier Pekanbaru, Senin (27/5/19). Kegiatan ini akan dilaksanakan semala dua hari.

Kordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Riau, Neil Antariksa mengatakan, rapat ini sekaligus ajang silaturahmi bersama awak media yang selama ini telah membantu menyampaikan informasi ke masyarakat.

“Sinergitas ini tidak boleh terputus. Penyelenggara Pemilu membutuhkan media untuk menyampaikan informasi ke masyarakat,” kata Neil.

Neil juga menyampaikan, bahwa pekerjaan mereka belum usai walaupun pemilihan telah selesai. Bawaslu masih harus menangani laporan masyarakat, dari peserta pemilu tentang proses, ataupun pelanggaran saat pemilu, seperti pidana, administrasi, maupun etik.

“Ini sekarang menjadi kewenangan Bawaslu untuk menuntaskan permasalahan ini,” ujarnya.

Bebernya, laporan dugaan pelanggaran pemilu merata di seluruh Kabupaten dan Kota di Riau.

“Pengawas pemilu tidak bisa lebaran dengan leluasa, karena akan mengevaluasi LPPDK, ini berpotensi terhadap pembatalan peserta pemilu. Kami membutuhkan konsentrasi penuh, bisa diterima atau tidak,” sampainya.

Tahapannya, jelas Neil, pada tanggal 21 Mei, laporan dana kampanye dari lembaga audit KAP, menyerahkan ke KPU dan disampaikan ke Bawaslu, hasil itu yang menjadi bahan untuk evaluasi penggunaan dana kampanye. Dan harus dikembalikan 7 Juni kepada KPU atau publik.

“Kawan-kawan masih bekerja menuntaskan laporan dana kampanye ini,” kata Neil.***(rn)