Polisi Ringkus Komplotan Pencuri Laptop SMAN 2 Pangkalan Kerinci

Pelalawan(SegmenNews.com) Personil Unit Reskrim Polsek Pangkalan Kerinci  sukses meringkus tiga orang terduga komplotan pencurian Laptop Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 2 Pangkalan Kerinci di lokasi berbeda di Pekanbaru.

Selain berhasil mengamankan tiga pelaku berinisial Ad, BS dan JE, juga barang bukti sebanyak 19 unit laptop merk HP milik sekolah berhasil disita polisi yang dipimpin Ps Kanit Reskrim Polsek Pangkalan Kerinci, Ipda Leo Putra Dirgantara, bersama personilnya.

Reskrim Polsek Pangkalan Kerinci sebelumnya mendapat laporan adanya  pembobolan SMAN 2 Pangkalan Kerinci, Sabtu 1 Juni silam. Akibat pembobolan SMAN 2 itu, sebanyak 25 unit laptop berhasil dibawa kabur oleh pelaku pencurian tersebut.

Berkat kerja keras akhirnya polisi mendapat informasi kalau laptop hasil curian milik SMAN 2 Pangkalan Kerinci dijual di salah satu toko komputer di Pekanbaru. Namun akhirnya laptop sebanyak 10 unit berhasil ditemukan di toko milik Ad.

Setelah disesuaikan file jejak histori berikut kotaknya itu adalah milik sekolah SMAN 2 Pangkalan Kerinci. Tanpa perlawanan pemilik toko langsung diamankan, karena ikut nemapung laptop curian tersebut alias sebagai penadah.

Dari hasil interogasi tersangka Ad mengaku membeli laptop jenis HP sebanyak 10 unit dari seseorang yang datang ke tokonya, Senin 3 Juli silam. Selanjutnya penadah laptop curian dan barang buktinya diamankan ke Mapolsek Pangkalan Kerinci.

Namun berselang beberapa hari kemudian dari hasil pengembangan, kembali Unit Reskrim mengendus ada orang menjual laptop jenis HP di Pekanbaru. Tanpa membuang waktu Kanit Reskrim dan anggotanya segera ke Pekanbaru.

Ketika diselidiki orang yang membeli berada di Jalan Paus, Pekanbaru. Dengan sigap polisi berhasil mengamankan BS di rumahnya dan hasil pengeledahan ditemukan kembali sebanyak 9 unit laptop merek HP, Rabu (26/6/19) sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Sementara dari hasil interogasi, tersangka BS mengaku laptop itu milik JE yang sebelumnya dititipkan untuk dijual sebanyak 10 unit dan baru 1 terjual melalui online. Sedangkan sebanyak 9 unit masih disimpah di bawah meja rumahnya.

Kemudian berselang beberapa saat kemudian JE juga berhasil ditangkap saat sedang berada di Jalan Paus tidak jauh dari tempat tinggal BS. Tetapi saat diamankan dan dilakukan penggeledahan di rumahnya tersangka JE di Terubuk, Pekanbaru tidak ada ditemukan laptop lainnya.

Sebanyak 9 unit laptop merek HP hasil sitaan dari tangan tersangka BS, usai disesuaikan file jejak histori dan kotaknya adalah milik sekolah SMAN 2 Pangkalan Kerinci yang telah dibobol maling.

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan ketika dikonfirmasi SegmenNews.com melalui Kapolsek Pangkalan Kerinci, Kompol Usril SH didampingi Paur Humas IPDA Leonardo, membenarkan adanya mengamankan dua penadah dan satu pelaku pencurian laptop di SMAN 2 Pangkalan Kerinci tersebut.

”Kini ketiga pelaku telah kita amankan bersama barang bukti 19 unit laptop hasil curian. Sedangkan masih ada 6 unit laptop lagi yang sedang dicari. Kasusnya terus dikembangkan untuk mengungkap otak pelaku pencurian itu,” tandasnya.***(Ris).