Diskominfo Pelalawan Raup Ratusan Juta dari Retribusi Menara

Plt Kadiskominfo Hendri Gunawan, M.Si

Pangkalan Kerinci (SegmenNews.com)- Menyikapi terjadinya penurunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pelalawan dalam kurun waktu empat tahun belakangan, membuat Bupati HM Harris disetiap kesempatan ketika  bertatap muka dengan OPD selalu menekankan betapa pentingnya terobosan maupun inovasi dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dengan arahan itu, pihak Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pelalawan, Riau, menyikapinya dengan melakukan pendekatan dan jemput bola terhadap pihak yang dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan PAD Kabupaten Pelalawan.

“Tahun ini, kita sudah berhasil menarik kontribusi retribusi menara dari PT Telkom Tbk, senilai Rp.322.727.305,- yang merupakan piutang pihak provider itu sendiri sejak tahun 2018,” ungkap Plt Kadis Kominfo Kabupaten Pelalawan Hendri Gunawan, Rabu (3/6/19).

Dikatakan hendri, kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari arahan dan petunjuk Bupati Pelalawan bagaimana setiap OPD dapat bersinergi dengan perusahaan maupun perorangan dalam menghasilkan PAD.

“Kita berupaya untuk memberikan pelayanan prima dan kemudahan dalam disposisi pengurusan setiap perizinan yang ada oleh para provider jasa telekomunikasi,” jelasnya.

Peningkatan PAD yang dilakukan Diskominfo Pelalawan ini, tambah Handri, berupa pendataan tower jasa telekomunikasi yang berada di seluruh wilayah Kabupaten Pelalawan.

“Dengan melakukan pendataan akan ketahuan mana provider jasa telekomonikasi yang telah memiliki perizinan maupun tidak, sehingga kita akan melakukan jemput bola untuk memastikan terealisasinya pembayaran restribusi menara tower milik mereka,”tandasnya.***(Ris).