DPKP Rohul Bangun Sarana dan Prasarana Air Limbah Rp3,6 Miliar

Kabid Kawasan
Permukiman Rohul, Plt T. Omar Khrisna Adiwinata ST

Rohul(SegmenNews.com)- Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kabupaten Rokan Hulu gencar melakukan berbagai pembangunan infrastruktur, termasuk pembangunan sarana prasarana air limbah.

Pembanguan itu terlaksana berkat adanya Dana Alokasi Khusus (DAK) yang di gelontorkan pusat ke Kabupaten Rokan Hulu mencapai Rp 3,6 miliar.

Demikian disampaikan Kepala Dinas DPKP Rohul, melalui Plt Kabid Kawasan Permukiman Rohul, T. Omar Khrisna Adiwinata ST, kepada Wartawan, Kamis (11/7/19) di ruang kerjanya.

Dijelaskan Omar Khrisna, khusus di bidang Kawasan Permukiman, kucuran dana DAK tahun 2019 terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya.

Dimana tahun 2018 lalu, dana DAK hanya mencapai Rp 1,7 miliar sedangkan tahun 2019 mencapai Rp 3,6 miliar. Tentu kenaikan angka tersebut sangat berdampak positif bagi masyarakat Rokan Hulu.

Tahun 2019 ini, lanjut Omar, dana DAK Pusat yang mencapai Rp 3,6 miliar itu diperuntukkan untuk pembangunan sarana dan prasarana Air Limbah.

Seperti pembangunan Instalasi Pengelohan Air Limbah (IPAL)komunal kombinasi Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) di tiga Desa, yaitu Desa Pasir Baru,  Kecamatan Rambah, Desa Lubuk Bendahara Timur, Kecamatan Rokan IV Koto, dan Desa Pendalihan Kecamatan Pendalihan.

Selain pembangunan IPAL, dana DAK juga diperuntukkan pembelian 2 unit mobil tinja untuk Kecamatan Rambah dan Kecamatan Ujung Batu sekitarnya.

Selanjutnya, untuk pembangunan tanki septik skala individual perdesaan, di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tambusai, Desa Kepenuhan Baru, Kecamatan Kepenuhan.

“Khusus pembangunan tanki septik ini, hanya 55 Kepala Keluarga (KK) per desa yang mendapatkanya. Sedangkan teknis pekerjaan dilakukan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Kedepan, pembangunan sarana prasarana air limbah ini akan kita tingkatkan melalui bantuan dana DAK. Mudah-mudahan, dana yang kita ajukan ke Pusat bisa teralisasi di tahun 2020 nanti,“ harapnya.

Omar menambahkan, berbagai pembangunan yang bersumber dari dana DAK tersebut bertujuan untuk penyehatan lingkungan dan permukiman masyarakat Rohul agar lebih baik.***(ADV/ ber)