10 Hektar Lahan di Langgam-Pelalawan Terbakar

10 Hektar Lahan di Langgam-Pelalawan Terbakar

Pelalawan(SegmenNews.com)-Kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) kembali menghanguskan lebih kurang 10 hektar lahan di areal Datuk Sati Rantau Baru, Badagu Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan-Riau.

Tim gabungan berjibaku melawan ganasnya api yang melahap lahan gambut itu. Meski berhasil memadamkan api, namun saat ini sedang dilakukan pendinginan, karena masih menimbulkan asap.

‘’Saat ini masih dilakukan pendinginan di lokasi serta pemasangan Police Line di lokasi Karlahut,’’ jelas Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIk, Sabtu (28/7/19).

Tak hanya Kapolres, bahkan Bupati Pelalawan HM Harris juga terjun langsung ikut memadamkan api di Kelurahan tempat kelahirannya tersebut.

Menurut Kapolres Kaswandi, lokasi kebakaran berada di titik kordinat  Open Cam : 0° 14’47,604″ N 101°46’38,844″ E belum diketahui penyebabnya atau siapa pelakunya. ‘’Masih dalam lidik pembakarnya juga pemiliknya,’’ ujarnya.

Dalam proses pemadaman dan pendinginan itu, sedikitnya 18 personil polisi, 3 personil TNI, 20 Fire NPM, 8 anggota Sat Pol PP dan Damkar dan 5 anggota  Fire PT MUP di turunkan di lapangan.

Tak hanya mengandalkan pemadaman dari darat, tapi upaya pemadaman juga melibatkan 2 unit heli water bom dari BNPB dan PT RAPP, mesin Tohatsu dan mesin Max.

‘’Memang kendalanya, karena kondisi tanah yang gambut dan cuaca panas serta angin kencang sehingga menyulitkan pemadaman darat dan udara oleh personil,’’ beber Kapolres Kaswandi kepada SegmenNews.com.***(Ris)