Bupati Rohul Buka Bursa Inovasi Desa BID

Rohul(SegmenNews.com)- Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman buka Bursa Inovasi Desa (BID) Cluster 1 Tahun 2019 secara langsung, yang terdiri dari 7 tujuh kecamatan, di Lantai II Kantor Lembaga Kerapatan Adat (LKA), Kecamatan Ujung Batu, Kamis (1/8/19).

Tujuh kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Ujung Batu, Tandun, Kabun, Rokan IV Koto, Pendalian IV Koto, Pagaran Tapah Darussalam dan Kunto Darussalam.

Kegiatan acara tersebut dihadiri Kadis PMPD Rohul Margono S.Sos M.Si, Kapolsek Ujung Batu Kompol Edward Palis ST, Perwakilan Danramil Ujung Batu S.Arif, Datuk Bendaharo Tuan Dahnil Malik .MSi, Camat Ujung Batu Ari Gunadi S.STP, Camat Pagaran Tapah Darussalam Fisman Hendri S.Hut, Camat Kunto Darussalam Ruslan S.Sos, Camat Rokan IV Koto M. Abrar, Camat Pendalian IV Koto Afkar S.Sos, Camat Kabun Anang Perdana Putra S.STP, Camat Tandun M. Rodi S.Sos
,Kepala Desa dan Ketua BPD se 7 Kecamatan BID Cluster 1, Pendamping Lokal Desa (PLD) dan TPID.

Camat Ujung Batu, Ari Gunadi S.STP/ Mewakili Panitia mengatakan Bursa Inovasi Desa tahun 2019 ini merupakan kali kedua, tetapi ini dengan pola baru, Karena untuk tahun 2019 dibagi beberapa Cluster.

Yaitu untuk klaster 1 terdiri dari 7 kecamatan, yaitu Kecamatan Ujung Batu, Kecamatan Tandun, Kecamatan Kabun, Kecamatan Rokan IV Koto, Kecamatan Pendalian IV Koto, Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam dan Kecamatan Kunto Darussalam serta yang terdiri dari 49 Desa.

” Peserta Bursa Inovasi Desa terdiri dari Panitia pelaksana yang terdiri dari pendamping desa dan pendamping lokal Desa serta Ketua dan anggota TPID Kecamatan yang berjumlah 80 orang, kemudian perwakilan dari pemerintahan desa 3 orang per desa, Kepala Desa dan Ketua BPD dan tokoh perempuan seluruhnya berjumlah 147 orang,” kata Ari Gunadi .

Ari Gunadi berharap kepada kepala desa bahwasanya program inovasi Desa ini takkan berhasil secara sempurna tanpa dukungan dari kepala desa dan ketua BPD, apa yang menjadi inovasi desa harus didukung dan disepakati bersama Kades dan BPD serta dukungan TPID kecamatan untuk membantu realisasikan anggaran desa masing-masing desa

“Inovasi Desa ini tetap sesuai dengan RKPDes masing-masing desa, yang harus menjadi perhatian khusus dan juga kerjasama dari kepala desa untuk dapat mendukung inovasi Desa di Desanya Masing-masing,” kata Ari Gunadi

Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan kepada Kades untuk menggunakan ADD dan DD dengan sebaik-baiknya dilaksanakan untuk kemajuan Desa masing-masing.

“Pada Bursa Innovasi Desa ini ada beberapa kategori seperti Infrastruktur, Kewirausahaan dan SDM. Para Kades bisa melihat potensi-potensi desa sehingga apa yang cocok dilakukan di desa itu bisa untuk dilaksanakan,” kata Sukiman

Sukiman menambahkan, oengembangan BID di desanya sesuai dengan tentunya kebutuhan masyarakat desa dan kemampuan dana yang dimiliki oleh masing-masing desa.

Oleh karena itu ia berharap, setelah kepala desa dan BPD melihat atau mendapatkan pelajaran dan mendapatkan pemahaman, diharapkan peserta yang dikeluarkan memiliki manfaat untuk kepentingan masyarakat.

Sukiman juga menyebutkan, tujuan BID ini salah satunya juga mendukung percepatan membangun desa menata kota, agar pembangunan ini benar-benar dapat dinikmati oleh masyarakat, bukan hanya sekedar slogan tetapi benar-benar dilaksanakan oleh masing-masing desa. Kenapa karena masing-masing Desa sudah ada dana yang diberikan kepada Desa, sehingga dapat di manfaatkan dengan sebaik-baiknya yang sesuai dengan aturan yang berlaku dan berkoordinasi yang baik antara DPD dan seluruh tokoh masyarakaat, Dengan harapan desanya bagus, Kecamatannya bagus dan kabupaten juga bagus.

“Jadi saya berharap dengan dibukanya bursa inovasi Desa Cluster 1 ini diharapkan Negeri Seribu suluk ini menjadi negeri yang maju, yang rukun dan sejahtera sehingga menjadi Negeri yang Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur,” harap Sukiman.***(ADV/hms)