Ini Cara Bripka JM Sinaga Cegah Karlahut di Rohul

Ini Cara Bripka JM Sinaga Cegah Karlahut di Rohul

Rohul(SegmenNews.com)- Polres Kabupaten Rokan Hulu, Riau terus melakukan upaya sosialisasi dan imbauan kepada warga agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah hukumnya. Apalagi saat ini, Riau sudah diselimuti kabut asap.

Kepada Wartawan, Kamis (8/8), anggota Bhabinkamtibnas Polsek Rambah, Bripka JM Sinaga, menyampaikan pihaknya melanjutkan intruksi dari pimpinannya untuk menempelkan brosur imbauan larangan karhutla. Khusunya di Desa Suka Maju dan Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah, Rohul.

“Sesuai intruksi pimpinan, hari ini pihak kita membagikan serta menempelkan brosusr di warung-warung terkait maklumat yang disampaikan Polda Riau ke Polres Rohul. Yaitu tentang larangan mebakar hutan dan lahan,” ujarnya JM Sinaga di Desa Suka Maju.

Isi maklumat itu, diantaranya adalah larangan bagi pelaku usaha dan masyarakat dibidang kehutanan, perkebunan dan pertanian agar tidak membuka lahan dengan cara membakar dan bisa terkena pidana paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp10 miliar,” jelas Bripka JM Sinaga sembari menempelkan brusur larangan karhutla.

Bripka JM menambahkan, selain memasang brosur larangan tersebut, pihaknya bersama Babinsa Koramil 02 Rambah, Koptu Dedi Nofery Samosir juga melakukan patroli ke lokasi yang ada di dua desa dengan melibatkan aparat desa.

“Selain memasang brosur imbauan larangan karhutla, pihak kita juga melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat yang ada di dua desa. Sehingga tindakan pembakaran hutan dan lahan ini bisa teratasi,” ujarnya.

Sementara,pantauan di Rokan Hulu Kamis (8/8), belum ada ditemukan titik api. Itu terlihat dari “LAPAN Fre Hotspot” yang berhasil di unggah dari aplikasi Play Store. ***(ber)