KPK Tuntut Mantan Kadis PU Bengkalis 7,5 Tahun Penjara

Bahwa masih di tahun 2012, RIBUT SUSANTO menyampaikan permintaan uang dari HERLIYAN SALEH dan JAMAL ABDILLAH (Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis) kepada MAKMUR alias AAN, JEFFRY RONALD SITUMORANG, VIKTOR SITORUS, dan ISMAIL IBRAHIM terkait dengan fee untuk mendapatkan proyek.

Selanjutnya JEFFRY RONALD SITUMORANG dan VIKTOR SITORUS memberikan uang untuk JAMAL ABDILLAH sebesar Rp4.000.000.000 sedangkan MAKMUR alias AAN dan ISMAIL IBRAHIM memberikan uang untuk HERLIYAN SALEH sebesar Rp1 miliar, yang kemudian dipergunakan HERLIYAN SALEH untuk membeli satu unit apartemen Tower 2 nomor 1702 Apartemen Permata Hijau Residence.

Pemkab Bengkalis dan DPRD kemudian menyetujui anggaran multi years Dalam Lampiran Nota Kesepakatan terdapat Rincian Kegiatan Fisik Tahun Jamak yang salah satunya adalah proyek Peningkatan Jalan Poros Pulau Rupat (Ruas Batu Panjang-Pangkalan Nyirih) dengan jumlah anggaran sebesar Rp528 miliar.

Selanjutnya disetujui dalam DPA APBD Kabupaten Bengkalis dengan anggaran multi years sebagaimana terdapat dalam DPA TA 2013, dengan anggaran kegiatan Peningkatan Jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih (MY) sebesar Rp120 miliar dan berubah pada DPA Perubahan menjadi sebesar Rp151, 2 miliar.

DPA TA 2014, dengan anggaran kegiatan Peningkatan Jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih (MY) sebesar Rp176, 1 miliar. DPA TA 2015, dengan anggaran kegiatan Peningkatan Jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih (MY) sebesar Rp187,5 miliar. berubah pada DPA Perubahan menjadi sebesar Rp380,7 miliar.

Dalam pelaksanaannya, ternyata perusahaan milik ISMAIL IBRAHIM yaitu PT Merangin Karya Sejati ternyata tidak mencukupi Kemampuan Dasarnya (KD) atas nilai anggaran proyek multi years dalam DPA TA 2013-2015, sehingga sekitar akhir tahun 2012, MAKMUR alias AAN dan ISMAIL IBRAHIM melakukan pertemuan dengan HOBBY SIREGAR di daerah Senayan, Jakarta. MAKMUR alias AAN dan ISMAIL IBRAHIM menyampaikan keinginan untuk meminjam perusahaan HOBBY SIREGAR yaitu PT Mawatindo Road Construction (PT MRC) dalam rangka mengerjakan salah satu proyek multiyears tersebut dan HOBBY SIREGAR menyetujuinya.