BAZNAS Salurkan Bantuan S1 Kepada 15 Mustahiq

Rohul(SegmenNews.com)- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), salurkan bantuan dana untuk melanjutkan ke jenjang pendidkan S1 kepada 15 mustahiq di Rohul.

Bantuan dana pendidikan S1 luar negeri, diberikan ke 15 mustahiq. Masing masing mustahiq menerima bantuan Rp3,5 juta dan total bantuan yang dikucurkan Rp52,500 juta.

Informasi Ketua BAZNAS Rohul, Armen ZA,Senin (10/9/2019) mengatakan, masing masing mustahiq langsung mengambilnya ke petugas BAZNAS Rohul.

Armen juga mengaku, bantuan dana pendidikan disalurkan melalui Asnaf Fisabililah untuk tahun 2019. Dimana ke 15 mustahiq yang menerima bantuan untuk melanjutkan pendidikan S1 Ke Negara Kairo 2 orang, Islam Abad 1 orang,  Malaysia 1 orang, Turki 1 orang, Kanada 1, dan ke Negara Sudan 10 orang.

“Mereka mahasiswa umumnya tamatan dari pesantren,  yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Bantuan sudah diserahkan sore kemarin diambil langsung yang bersangkutan,” kata Armen ZA, di Sekretariat BAZNAS Rohul.

Selain bantuan pendidikan melanjutkan ke jenjang pendidikan di luar negeri, BAZNAS tahun Ini juga menyaluran bantuan dana untuk usaha Produktif atau Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan target bagi 150 mustahiq (penerima zakat).

“Kita tengah lakukan survei ke mustahiq yang diusulkan sebagai penerima bantuan ushaa produktif. Dianggarkan Rp7 juta per mustahiq sehingga dianggarkan untuk 150 mustahiq tersebar di 6 kecamatan di Rohul, dengan total Rp1,50 miliar,” ungkap Armen ZA.

Selain itu ucap Armen, saat ini juga tegah dilakukan survei ke calon penerima bantuan rumah sehat layak huni kepada 16 mustahiq, dimana masing masing kecamatan penerima 1 mustahiq.

Bantuan itu dianggarkan Rp 40 juta untuk per unitnya, sehingga total yang dislaurkan untuk 16 mustahiq Rp640 juta anggaran tahun 2019 ini.***(fit)