DPRD Riau Rekomendasikan 4 Poin Penanganan Warga Terdampak Kabut Asap

Wakil Ketua DPRD Riau, Zukri Misran

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Setelah ditetapkan status darurat asap oleh pemerintah Provinsi Riau. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau,Jumad (13/09/19), langsung menggelar rapat pimpin terkait penanganan dini dampak kabut asap yang terjadi saat ini.

Dari hasil rapat pimpinan tersebut, DPRD Riau merekomendasikan empat poin penting kepada pemerintah Provinsi dan aparat penegak hukum terkait penangan dini masalah dampak asap tersebut.

Hal tersebut disampaikan wakil keuta DPRD Riau, Zukri Misran, dikatakannya, sesuai kesepakatan masing masing pimpinan dewan dan pimpinan Fraksi, DPRD sepakat merekomendasikan empat poin yang dinilai penting dan langkah kongkrit yang harus dilaksanakan secepatnya oleh pemerintah dan penegak hukum yang ada di provinsi Riau ini.

“Yang pertama, kita meminta pemerintah untuk menyediakan semua kantor kesehatan pemerintah untuk siaga selama 24 jam non stop, baik tenaga medis maupun obat obatan. Serta menggratiskan biaya berobat bagi masyarakat yang terkena dampak dari asap ini selama status darurat asap ini di tetapkan,” ungkapnya saat di temui segmennews.com di ruangan kerjanya Jum’at (13/09/19).

Lanjut Zukri, rekomendasi yang ke dua pihak nya merekomendasikan seluruh kantor kantor pemerintah dan susta untuk menjadi penampung atau tempat mengungsi masyarakat yang terpapar asap. Terutama anak anak, lansia dan ibu hamil.

“Tidak hanya itu, kita juga meminta pemerintah dan suasta untuk meliburkan ibu ibu hamil dan lansia untuk libur kerja selama status darurat asap,” jelasnya.

Sedangkan lanjut Zukri, rekomendasi ke empat di tujukan kepada aparat penegak hukum untuk bertindak tegas terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap terjadi saat ini.

“Kita minta penegak Hukum untuk menindak tegas pelaku pembakaran ini, baik perseorangan ataupun korporasi, tidak ada pandang bulu,” tutupnya.***(Don)

VIDEO: Anggota DPRD Menangis Melihat Kondisi Kabut Asap di Riau