Wabup Meranti Pembina Upacara Hari Jadi Kecamatan Tasik Putri Puyu ke-7

Meranti(SegmenNews.com)-Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim bersama Ketua DPRD Provinsi Riau H. Indra Gunawan dan Hj. Syamsiar Said Hasyim, menghadiri acara peringatan HUT Kecamatan Tasik Putri Putu Ke-7 Tahun 2019, bertempat di Lapangan MTs Darul Huda Bandul, Kamis (26/9/2019).

Turut mendampingi Wakil Bupati Legislator Meranti Dapil Tasik Putri Puyu, Wakil Ketua DPRD Meranti Khalid Ali H. Fauzi SE, Darsini, H. Hatta, Edy Masyudi M.Si, Sujihartono,  Forkopimda Kc Kecamatan, Camat Tasik Putri Puyu Sugiati, Camat Rayan Pribadi SH, Camat Syaiful Ikram, Camat Wan Fahri Armi, Camat Abdul Hamid, Camat Atan Ibrahim, Sekretaris Bappeda Randof, Ketua LAM Tasik Putri Puyu H. Amir, Perwakilan Polsek, Koramil, Tokoh Masyarakat/Agama/Adat dan lainnya.

Acara peringatan Hari Jadi Kecamatan Tasik Putri Puyu Ke-7 Tahun 2019, diawali dengan Upacara singkat yang dipimpin oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim.

Selanjutnya untuk mengingat kembali sejarah pemekaran Kecamatan Tasik Putri Puyu tokoh pemekaran Kecamatan itu H. Amir kembali menceritakan sejarah singkat pemekaran Kecamatan Tasik Putri Puyu yang penuh lika-liku dan perjuangan yang pelik.

Namun setelah melalui perjuangan panjang sejak zaman Kabupaten Bengkalis akhirnya  seiring disahkannya Kabupaten Meranti pada Tanggal 24 Juli Tahun 2019 perjuangan para tokoh masyarakat dan Kades setempat membuahkan hasil.

Berkat dukungan Bupati Kepulauan Meranti H. Irwan M.Si dan Legislator Edy Masyudi pemekaran Kecamatan Tasik Putri Puyu dengan Ibu Kota Bandul disahkan dalam rapat Paripurna DPRD Meranti.

Dihadapan ribuan masyarakat yang hadir H. Amir berharap kepada para pemimpin Kecamatan dengan telah dimekarkannya Kecamatan Tasik Putri Puyu ini dapat membawa Tasik Putri Puyu menuju Kecamatan unggul dan bermartabat yang pro rakyat kecil.

Selanjutnya prosesi Peringatan HUT Kecamatan Tasik Putri Puyu dilanjutkan dengan Tepuk Tepung Tawar oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim, Ketua DPRD Riau Indra Gunawan dan Wakil Ketua DPRD Meranti Khalid Ali kepada Camat dan Para Tokoh Pemekaran Kecamatan.

Tak selesai disitu dalam HUT Kecamatan Tasik Putri Puyu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim juga menyaksikan digelar Devile semua Desa yang ada di Kecamatan tersebut dengan menampilkan tarian dan silat serta potensi pertaniannya masing-masing.

Menyikapi kegiatan itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim mengawali pidatonya dengan mengucakan selamat kepada seluruh masyarakat Kecamatan Tasik Putri Puyu yang sedang merayakan HUT Kecamatan.

Ia berharap daerah Pesisir akan maju berkembang hal itu snagat mungkin karena pucuk pimpinan negeri ini merupakan orang pesisir, sebut saja Gubernur Riau H. Syamsuar dan Ketua DPRD Riau H. Indra Gunawan merupakan orang Pesisir.

Selanjutnya demi kemajuan Kecamatan Tasik Putri Puyu Wabup H. Said Hasyim mengingatkan jaga persatuan dan kesatuan sesama anggota masyarakat.

“Ini merupakan modal utama,” ujarnya.

Kemudian mengajak masyarakat meningkatkan kreatifitas, karena negeri ini ada berkat kegigihan dan kreatifitas para pendahulu.

“Sempena hari jadi ini semangat juang pendahulu harus dimunculkan kembali, dan pihak Kabupaten siap bersama-sama masyarakat membangun Kecamatan Tasik Putri Puyu,” ujarnya.

Menurutnya pembangunan fisik tanpa pembangunan Sumber Daya Manusia tidak akan optimal, karena infrastruktur merupakan pendukung bukan kebutuhan utama.

“Pembangunan tidak akan berhasil jika masyarakatnya tidak sadar dan kreatif membangun negerinya,” ucap Wabup seraya meminta Kades peduli terhadap kesejahteraan masyarakat.

Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan pidato Ketua DPRD Riau H. Indra Gunawan, yang mengaku dengan Jabatannya sebagai Ketua DPRD Riau yang berasal dari Dapil Meranti akan memperjuangkan Infrastruktur Negeri Sagu ini ditingkat Provinsi.

“Masalah infrastruktur di Kepulauan Meranti khususnya Dapil 4 akan kami perjuangkan, kita akan memperjuangkan dana untuk Pesisir sebesar 2.5 Triliun untuk Meranti, tolong ingatkan saya,” ujar Indra Gunawan.

Diantara pembangunan Infraatruktur yang menjadi prioritas dikatakan Indra adalah kelanjutan pembangunan jalan Proros  Tj. Padang-Mengkopot-Lukit.

“kita upayakan untuk dilanjutkan begitu juga RoRo, karena kita tidak ingin Gubernur Riau dan Jajaran hanya Cakap-Cakap saja tanpa eksekusi,” tegasnya.

Terakhir Indra Gunawan yang akrab dipanggil Eet itu mengucapkan selamat kepada Kecamatan Tasik Putri Puyu, seraya mendoakan Tasik Putri Puyu menjadi negeri yang adil dan makmur.

Terakhir prosesi Upacara peringatan hari jadi Kecamatan Tasik Putri Puyu yang meriah namun penuh hikmat ditutup dengan mendengarkan pidato Camat Tasik Putri Puyu, Sugiati yang menjelaskan Tema HUT Kecamatan Tasik Putri Puyu yakni “Menjunjung Marwah Tuah Negeri Tasik Putri Puyu Siap Berkarya menuju Negeri yang berdikari.

Untuk itu ia berharap kerjasama seluruh lapisan masyarakat dapat bergandeng tangan untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat yang adil makmur.

“Dengan bersatu dan kerjasama kita pasti bisa,” ucapnya.

Kegiatan ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim yang untuk pertama kali diserahkan kepada Camat Tasik Putri Puyu, Ketua DPRD Riau dan Tokoh lainnya.***(Ags)