Penerapan Zonasi di Riau Perlu Kajian Ulang

Pekanbaru(SegmenNews.com) – Banyaknya permasalahan terkait penerimaan siswa dengan sistem zonasi beberapa waktu lalu.  Ketua Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, Edi Mohamad Yatim menilai, penerapan sistem Zonasi di Provinsi Riau perlu kajian ulang.

“Semestinya sebelum diterapkan perencanaannya matang, sebelum menetapkan zonasi ini pemerintah apakah melihat berapa kebutuhan sekolah kemudian intensitas jumlah penduduk di suatu daerah, seharusnya itu yang dimatangkan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Dikatakan Politisi  Partai Demokrat ini,  dari sistem zonasi yang belum maksimalnya tersebut masih banyak permasalahan yang ditemui dilapangan. Bahkan sampai baru baru ini pihaknya masih mendapatkan laporan terkait siswa yang masuk ke sekolah setelah penerimaan selesai. Padahal berdasarkan laporan dan infpormasinya sekolah tersebut sudah penuh.

“Ada orang mau pisah kk dari orang tanya,  itu ada yang melapor dan ada ditemukan sama kita masalah seperti itu, ada juga baru baru ini ada laporan ke kami, ada  yang masuk ke sekolah-sekolah yang katanya sudah penuh pada saat penerimaan kemarin. Itu kan menutup peluang orang yang ada di zonasi itu,  sementara sekolah lain ada yang kosong.  Jadi pemerintah perlu melakukan kajian kajian dalam masalah itu,” paparnya.

Melihat kondisi itu,  lanjut Edit,  pihaknya akan membentuk Tim Khusus penerimaan laporan dari masyarakat maupun LSM terkait masalah penerimaan siswa baru di Provinsi Riau ini.

“Nanti kami mau liat juga,  dan kami akan panggil juga kepaldinasnya,  karna proses zonasi tahun ini banyak hal hal yang tidak sesuai semestinya,” tutupnya.***(Don)