DPC LAN Meranti Silahturahmi Bersama Pemkab Meranti

DPC LAN Meranti Silahturahmi Bersama Pemkab Meranti

Meranti(SegmenNews.com)-Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kepulauan Meranti, melakukan silahturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Wakil Bupati H. Said Hasyim, kegiatan yang dikemas dengan perkenalan anggota serta penyampaian Visi dan Misi LAN Meranti itu, dipusatkan di Ruang Rapat Melati, Kantor Bupati, Rabu (16/10/19).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPC LAN Meranti Zainuddin, Penasehat DPC LAN Meranti Dedi Yuhara Lubis, Kasat Pol PP Meranti Helfandi SE M.Si, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Putra SH dan perwakilan Dinas terkait, Kasat Narkoba Meranti Iptu Darmanto SH, Danramil Selatpanjang Kompol. Irwan, Perwakilan Lanal Dumai, Perwakilan Imigrasi Meranti.

Dari pengurus DPC LAN Meranti hadir Ketua Divisi Rehabilitasi Susanto SE, Herman Wakil Ketua Divisi IT, Sabar Damanik Wakil Ketua Divisi Jurnalistik, M. Raffi Wakil Ketua Enginer, Suparman Wakil Ketua Bid. Logistik, Edi Sumatri Wakil Ketua Bidang Seni dan Budaya, Sri Werdasari Wakil Ketua Pemberdayaan Wanita dan lainnya.

Kegiatan diawali dengan penyerahkan berkas Legalitas Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kepulauan Meranti, dari Ketua DPC LAN Meranti Zainuddin kepada Wakil Bupati H. Said Hasyim.

“Kami dari DPC LAN Meranti melaporkan secara resmi legalitas keberadaan LAN kepada Pemkab. Meranti melalui Wakil Bupati H. Said Hasyim,” ujar Zainuddin.

Selanjutnya Zainuddin menjelaskan profil singkat terbetuknya DPC LAN Meranti pada Tanggal 7 September 2019 lalu di Gedung Adat Lembaga Melayu Riau, dimana DPP LAN memberikan mandat kepada Zainuddin untuk menjabat sebagai Ketua DPC LAN Meranti yang selanjutnya membentuk kepengurusan.

Dibentuk berdasarkan SK Badan Narkotika Nasional Tahun 2010 tentang pembentukan wadah dan peran serta masyarakat untuk pemberantasan, pencegahan penyalahgunaan peredaran gelap Narkotika dan Pemendagri No. 12 Tahun 2019.

Dalam menjalankan fungsinya ditegaskan Ketua DPC LAN Zainuddin, organisasi yang dipimpinya bersifat Independen tidka berafikiasi dengan organisasi sosial politik manapun

“LAN dibentuk khusus membantu masyarakat Indonesia agar bebas dari ancaman bahaya Narkotika,” jelasnya.

Dalam melaksanakan misinya LAN membangun kerjasama dengan semua pihak antara lain TNI, Polri, BNN, Kepolisian, Kemenkum HAM, Kemendagri RI, Kementrian Sosial, Kementrian Pendidikan dan seluruh elemen masyarakat di Republik Indonesia sesuai AD/ART Organisasi LAN.

“Kita akan melakukan sosialisasi dor to dor ditengah masyarakat untuk memberikan pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba. Carannya masuk ke surau dan masjid serta sekolah-sekolah,” jelas Zainuddin.

Dan diakui Zainuddin, para pengurus yang duduk di DPC LAN Meranti yang cukup mumpuni dalam rangka mensosialisasikan bahaya Narkoba kepada masyarakat.

Menyikapi hal itu, ditegaskan Wabup Meranti H. Said Hasyim Pemkab. Meranti siap membantu mendukung LAN dalam memerangi penyalah gunaan Narkoba di Kepulauan Meranti.

“Kami dari Pemkab. Meranti semampunya siap memberikan bantuan,” ujarnya.

Apalagi saat ini kondisi penyalahgunaan Narkoba di Meranti susah sangat menghawatirkan bahkan sudah melibatkan anak-anak dalam peredaran Narkoba.

“Mari kita sisir RT/RW jika menemukan gejala segera lakukan pembinaan,” ujarnya lagi.

Wabup menegaskan jangan sampai masyarakat khususnya anak muda Meranti terjerat kasus Narkoba.

Pada kesempatan itu juga dibuka ruang tanya jawab dari peserta yang ingin menyampaikan informasi dan masukan terkait penyalahgunaan Narkoba di Kepulauan Meranti.

Kasat Narkoba Polres Meranti menyampaikan untuk masalah penindakan merupakan tugas Kepolisian.

Saat ini diakuinya Meranti berada dalam kondisi darurat Narkoba. Baru sehari kemarin menangkap tersangka Narkoba 11 orang dan hari ini Rabu (16/10/2019), kembali ditangkap anak dibawah umur.

Dengan adanya DPC LAN Meranti, ia menyambut baik karena dapat membantu Polres Meranti dalam menekan angka penyalahgunaab Narkoba di Meranti.

“Sebab tanpa dukungan masyarakat dan pihak terkait Narkoba sangat sulit dihentikan,” akunya.

Kasat Narkoba Meranti Iptu. Darmanto juga menyinggung soal pembentukan BNK dalam rangka penindakan dan pembinaan para tersangka Narkoba.

Demi menunjang suksesnya visi dan misi LAN Meranti, Damanik yang juga pengurus LAN berharap dukungan dana dari Pemkab. Meranti. Menyikapi hal ini Wabup tegaskan siap membantu dukungan dana sesuai prosedur yang berlaku.

Kemudian masukan disampaikan oleh salah satu pengurus DPC LAN Meranti Susanto mengaku untuk pengentasan masalah Narkoba di Pemerintahan sudah lengkap. Namun berharap keberadaan LAN dapat diberi ruang untuk mendukung pemberantasan Narkoba oleh Kepolisian dan instansi lainnya.

Susanto memberikan masukan dapat melakukan pemberantasan secara terpadu, salah satunya pemantauan kegiatan keramaian masyarakat oleh Kepolisian yang didukung oleh aparatur Kecamatan dan Desa.

Mendengar masukan itu Wabup Meranti sangat setuju karena penyalahgunaan Narkoba disebabkab oleh banyak persoalan jadi dengan adanya sinergitas yang baik antara pihak penegak hukum dan Lembaga RT/RW dapat dilakukan tindakan terbaik terhadap pelaku mulai dari pembinaan, rehabilitasi hingga penangkapan.

“Selaku Wakil Bupati kami akan semaksimal mungkin untuk mendukung upaya pemberantasan bahaya Narkoba,” pungkas Wabup.

Acara silahturahmi tersebut ditutup dengan acara salam-salaman antara pengurus DPC LAN dengan Wabup dan jajaran Pemkab Meranti.***(Ags)