Sukiman Sandang Gelar Datuk Seri Setia Amanah Panglimo Pusako

Sukiman Sandang Gelar Datuk Seri Setia Amanah Panglimo Pusako

Rohul(SegmenNews.com)- Majelis Kerapatan Adat (MKA) menyematkan gelar Datuk Seri Setia Amanah Panglima Pusako kepada Bupati Rokan Hulu, H Sukiman, Kamis (23/10/19).

Prosesi penabalan gelar yang dilakukan Ketua MKA, T. Rafli Armen sekaligus pelantikan pengurus lembaga kerapatan adat (LKA) antar kecamatan.

Penabalan gelar tersebut ditandai dengan pembacaan surat keputusan (SK) serta pemasangan tanjak oleh MKA LAM Provinsi Riau, pemasangan selempang oleh Ketua MKA Rohul, pemasangan keris oleh Ketua MKA Provinsi Riau dan terakhir kegiatan upah-upah.

Datuk Seri Syahril Abu Bakar, Ketua Umum DPP LAM Riau berpesan kepada Sukiman agar lebih perhatian kepada pengembangan adat istiadat melayu.

“Dengan dikukuhkan atau ditabalkan nya Bupati Rokan Hulu sebagai Datuk Seri Setia Amanah Panglima Pukaso di Rokan Hulu ini, kita berharap kedepan masyarakat dan adat semakin maju. Sebab Bupati nya sudah menjadi payung Panji, sudah menjadi pembina dari masyarakat adat itu sendiri, yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat adat,” kata¬†Datuk Seri Syahril Abu Bakar

Sementara itu, Sukiman menyampaikan, bahwa gelar yanh disematkan kepadanya merupakan suatu penghargaan yang sangat luar biasa. Gelar itu merupakan kepercayaan dan amanah yang diberikan masyarakat adat.

“Dengan gelar yang saya dapat ini, saya akan selalu amanah dalam menjalankan pemerintahan, kita ajak masyarakat aktif bersama-sama membangun peradaban adat istiadat ini, melalui kegiatan yang bisa kita laksanakan atau kita berikan contoh pada masyarakat kita,” sampainya.***(ADV/hms/fit)