Diskes Meranti Taja Penyuluhan KIE

Meranti(SegmenNews.com)-Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau Drg Ruswita melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Asrul Meldi membuka secara resmi Pertemuan KIE Kespro Caten Bagi Petugas Kesehatan dan Penyuluhan Perkawinan tingkat Kabupaten, Kamis (07/11/2019).

Selain Sekretaris Diskes Meranti, turut hadir narasumber dari Dinas Provinsi Riau Dokter Neng Kasmiati, seluruh Kepala Pukesmas se-kabupaten, seluruh kepala KUA se-kabupaten dan peserta dari Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam pembukaan pertemuan, Sekretaris Diskes Meranti Asrul Meldi, menyampaikan bahwa pertemuan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan persamaan persepsi penyuluh pernikahan dalam KIE (Komunitas Informasi dan Edukasi)

Kesehatan reproduksi bagi calon pengantin dan selanjutnya dapat diimplementasikan di wilayah kerja masing-masing tingkat Kecamatan.

“Sebelum kegiatan tingkat kabupaten¬† kita terlebih dahulu sudah melakukan penyuluhan disetiap Pukesmas. Hal ini bertujuan untuk dapat memotivasi calon pengantin untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas pelayanan kesehatan, ” ungkapnya.

Disampaikan dia, dari kegiatan ini kita mendapat dukungan dan pihak KUA menyambut baik dalam penyuluhan yang berlangsung selama dua hari, mulai 7-8 November 2019.

Ditambahkan Asrul Meldi, selain untuk meningkatkan pengetahuan catin, penyuluhan ini juga dapat dipahami oleh peserta untuk melihat kondisi-kondisi yang dapat mengganggu kehamilan, diantaranya anemia, malnutrisi, penyakit jantung dan paru-paru, IMS, dan HIV.

Sementara itu, narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dokter Neng Kasmiati juga memaparkan materi-materi kebijakan program kursus catin, kebijakan pelayanan kesehatan reproduksi bagi catin, alur pelayanan pernikahan catin dan pelaksanaan kursus catin, alur pelayanan kesehatan reproduksi dan pemeriksaan kesehatan bagi catin.***(Ags)