Antisipasi Pengrusakan, Tim TNTN-Polri Galakkan Patroli Gabungan

Antisipasi Pengrusakan, Tim TNTN Galakkan Patroli Gabungan

Pelalawan(SegmenNews.com) – Personil Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) bersama Polri dari Polsek Ukui dan Polhut Balai Gakkum wilayah sumatera seksi pekanbaru melakukan kegiatan patroli gabungan.

Patroli gabungan ini dilaksanakan, sejak anggal (14/11/19) lalu, akan dilaksanakan selama 6 hari di kawasan Resort Onangan Nilo, SPTN Wilayah II Baserah, Balai Taman Nasional Tesso Nilo.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh kepala resort, Amir Hamzah, S.Hut ini, bertujuan untuk pengamanan kawasan TNTN dari tindakan perusakan seperti kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), perambahan dan illegal logging dengan melaksanakan sosilisasi dan memberikan penyadartahuan kepada masyarakat tentang bahaya karlahut serta mengajak mereka untuk saling mengingatkan kepada mayarakat lainya dan turut serta menjaga hutan.

Antisipasi Pengrusakan, Tim TNTN Galakkan Patroli Gabungan

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan tindakan tegas berupa pengusiran kepada masyarakat yang diduga melakukan kegiatan perkebunan, selanjitnya dilakukan pengambilan keterangan dan pernyataan untuk tidak melakukan kegiatan illegal di kawasan TNTN.

Pada kegiatan patroli itu juga, tim sempat menemukan aktivitas gajah liar. Aktivitas gajah liar tersebut terlihat dari keberadaan kotoran yang masih baru, rusaknya tanaman sawit masyarakat dan beberapa pondok yang roboh.

Kepala Balai TNTN Ir. Halasan Tulus kepada SegmenNews.com membenarkan kegiatan patroli gabungan tersebut dan dirinya turut berbangga dan mendukung penuh terkait kegiatan itu.

“Kegiatan patroli gabungan yang melibatkan mitra Polri dan Gakkum merupakan salah satu upaya kita untuk menjaga kawasan TNTN. Kegiatan ini akan terus kita lanjutkan dan tingkatkan intensitasnya. Kegiatan patroli diselingi soslialisasi dan penyadartahuan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga mereka ikut serta menjaga kawasan hutan bersama petugas,” pungkasnya lepada SegmenNews.com, Selasa (19/11/19).***(Ris)