SMAN 1 Kepenuhan Studi Penelitian Lapangan di Istana Pagaruyung Sumbar

SMAN 1 Kepenuhan Studi Penelitian Lapangan di Istana Pagaruyung Sumbar

Sumbar(SegmenNews.com)- Sebanyak 48 siswa kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) SMA Negeri 1 Kepenuhan kabupaten Rokan Hulu melaksanakan studi lapangan ke Provinsi Sumatra Barat.

Stuban dalam rangka memperkaya pengalaman dan wawasan tiga bidang studi yaitu Sejarah, Sosiologi dan Geografi ini dilaksanakan, Selasa sampai Rabu 26-27 November 2019.

Rombongan studi lapangan tersebut dipimpin Drs Ponizan yang juga guru bidang studi Geografi bersama dua orang guru lainnya, yakni Dahriyal Hamidi S.Pd guru bidang studi Sejarah, dan Dwi Sulistiono S.Sos guru bidang studi Sosiologi.

Menurut Dahriyal Hamidi SPd, selaku guru pembimbing mengatakan, ini adalah sebuah kegiatan  yang mempraktekkan hasil dari pembelajaran siswa semuanya dikelas dan sekarang langsung terjun ke lapangan guna memastikan apa saja yang telah dipelajari secara teoritis.

Tujuannya adalah menguji sedalam mana siswa tersebut bias berdialog, dan mencari data yang pasti tentang suatu objek penelitian tersebut, setelah mengadakan penelitian seluruh siswa  menyusun laporan serta dapat mengembangkan pola pemikiran dari siswa SMA Negeri 1 Kepenuhan.

Adapun objek kegiatan tersebut terletak di daerah Provinsi Sumatra Barat  yang dikunjungi dan diteliti adalah istana pagaryung, dengan mendengarkan keterangan tentang seluk beluk sejarah mulai berdirinya istana tersebut yang dijelaskan oleh seorang narasumber.

Pada kegiatan kunjungan ilmiah tersebut, para siswa tampak serius dan bersemangat dalam menggali informasi dari nara sumber objek studi lapangan.

Penjelasan Kuntum Haya, S.Pd membuat siswa mereka memahami bahwa tentang sejarah istana pagaruyung di Sumatra Barat tersebut dan juga mereka sibuk dengan pena dan kertas yang mereka bawa, untuk mencata tentang seluruh penjelasan dari narasumber, supaya nanti setelah itu bisa lebih mudah menyusun Laporan kegiatan.

Kegiatan Gelar Praktek Studi Lapangan ini mendapat respon positif dari Kepala sekolah SMAN 1 Kepenuhan M. Ardi, SS. M.Pd. Karena itu, kepala sekolah mendukung secara baik kegiatan seperti ini ditradisikan.

Ia juga berharap bisa menjadi sarana efektif untuk memberikan pengalaman yang membekas.

“Kegiatan ini saya harap bisa memotivasi siswa dalam menghadapi pembelajaran di kelas. Dan Siapa tahu ke depan ada beberapa siswa yang kelak menjadi peneliti handal, arsitektur, maupun pejabat yang mampu berkontribusi untuk pengembangan dari hasil penelitian tersebut,” harapnya.***(rls)