PUPR Perbaiki Jalan Putus di Tambah Hilir

Rohul(SegmenNews.com)- Status jalan lintas provinsi (Jalinprov) Riau, menghubungkan Simpang Kumu-Kota Tengah di Dusun Surau Tinggi Desa Persiapan Surau Tinggi Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terputus akibat rusak parah.

Sikapi bentuk tanggap darurat, petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Rohul‎ dan alat turun ke lokasi, untuk penanganan darurat pada Rabu (23/1/2019) sore.

Bahkan sikapi hal itu, Kepala Dinas PUPR Rohul Anton ST, MM, bersama Sekretaris Dinas PUPR Rohul dan sejumlah pegawai juga turun langsung, melihat pihak UPTD Wilayah I (Rambah, Rambah Samo, Rambah Hilir dan Bangun Purba) yang tengah lakukan perbaikan jalan.

Sejumlah masyarakat Desa Persiapan Surau Tinggi mengatakan rusaknya akses jalan status provinsi ini‎ diakibatkan tersumbatnya drainese bawah jalan sekitar tiga bulan terakhir.

Dimana, Dampak drainese tidak ada, sehingga saat curah hujan tinggi, air rawa melewati badan jalan hingga mengganggu arus lalu lintas antara Simpang Kumu-Kota Tengah atau sebaliknya.

‎”‎Sudah sekitar tiga bulan rusaknya. Jadi kalau musim hujan airnya melimpah ke jalan, sehingga tertutup ruas jalan,” sebut Rizal Rohul, warga Surau Tinggi.

Warga mengharapkan, Dinas Pekerjaan Umum Riau segera turun tangan, memperbaiki kerusakan jalan di daerahnya. Diakuinya, saat badan jalan provinsi tergenang air, tidak sedikit pengendara terjebak di lobang besar yang tidak terlihat, karena terendam air dari rawa.

‎Diakui Elfian dari UPTD Dinas PUPR Rohul Wilayah I (Rambah, Rambah Samo, Rambah Hilir, dan Bangun Purba),‎  kerusakan badan jalan provinsi ini disebabkan karena tidak adanya drainese.

“Perbaikan jalan kemarin drainesenya tidak diperbaiki, seharusnya diberi box culvert atau gorong-gorong, baru dicor dan diaspal,” ucap Elfian.

“Perbaikan jalan hanya jalannya saja diperbaiki, jadi air dari rawa-rawa melimpah ke jalan. Sampai satu meterlah airnya di aspal kalau melimpah‎,” ungkapnya.

Sebut Elfian, Dinas PUPR Rohul telah mengabarkan ke Dinas‎ PU Riau soal kerusakan badan jalan di Surau Tinggi tersebut, namun belum ada jawaban.

Karena masyarakat setempat resah, Dinas PUPR Rohul terpaksa tanggulanginya secara darurat menggunakan gorong-gorong dan menurunkan alat berat ke lokasi.

Juga diakui Kepala Dinas PUPR Rohul, Anton, karena jalan lintas provinsi, dinasnya hanya bisa menurunkan alat berat dan membantu gorong-gorong sebagai tanggap darurat.

Untuk drainese bawah jalan provinsi di Surau Tinggi seharusnya dibuat lebih kuat, seperti menggunakan aramco,‎ karena akses lalu lintas kendaraan perusahaan cukup tinggi di daerah itu.

Sebut Anton, pihaknya sudah berkoodinasi dengan Dinas PU Riau, namun jawabannya dinas masih menunggu pelaksanaan pelelangan pembangunan jalan Simpang Kumu-Kota Tengah, yang diperkirakan akan dilakukan tahun ini.***(fit)

Peluncuran Program DMIJ Plus Terintegrasi, Bupati Inhil Ungkap Telah Siapkan Berbagai Terobosan

Inhil(SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Inhil secara resmi meluncurkan program DMIJ Plus Terintegrasi. Pada acara peluncuran tersebut, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengungkapkan telah mempersiapkan berbagai langkah terobosan dalam pelaksanaan program DMIJ Plus Terintegrasi nantinya.

Langkah-langkah tersebut merupakan bagian dari upaya untuk neningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan perdesaan yang menjadi fokus pelaksanaan program DMIJ Plus Terintegrasi.

“Kita berharap, perekonomian masyarakat desa akan terangkat melalui berbagai terobosan yang telah disiapkan Pemerintah Kabupaten Inhil,” pungkas Bupati dalam sambutannya pada acara launching program DMIJ Plus Terintegrasi di Gedung Engku Kelana, Tembilahan, Selasa (22/1/2019).

Adapun terobosan dimaksud, ialah upaya peningkatan harga jual kelapa melalui pembentukan BUMDes yang disejalankan dengan penerapan Sistem Resi Gudang.

“Terobosan ini dikemas dalam bentuk kerjasama dengan The Green Coco Island rintisan Profesor Wisnu Gardjito dan perusahaan lain,” jelas Bupati.

Disamping itu, diungkapkan Bupati, ada pula terobosan terhadap sektor potensial masyarakat desa, seperti perikanan, pertanian dan lain sebagainya.

“Masih ada beberapa langkah lagi yang akan kita upayakan yang semuanya bermuara pada tujuan peningkatan perekonomian masyarakat desa,” tutur Bupati.

Atas peluncuran paket program DMIJ Plus Terintegrasi ini, Ketua DPRD Provinsi Riau, Hj Septina Primawati Rusli yang turut hadir kala itu memberikan apresiasi, baik kepada Bupatu Kabupaten Inhil maupun Pemerintah Kabupaten Inhil secara kelembagaan.

Menurut Septina, sebagaimana nomenklatur program, DMIJ Plus Terintegrasi diharapkan dapat benar-benar mampu meningkatkan keintegrasian setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil maupun keintegrasian antara OPD tersebut dengan 197 Desa di Kabupaten Inhil.

“Ini semua tentunya dilakukan dalam upaya memaksimalkan setiap program dan pembangunan di ‘Negeri Seribu Parit’, khususnya pada aspek perekonomian,” pungkas Ketua DPRD itu.

Guna mencegah persoalan hukum yang timbul dikemudian hari, pada acara peluncuran tersebut dilakukan juga penandatanganan nota kesepahaman antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Inhil dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Inhil.***(ADV/hms)

Tim Peneliti Puslitbang Polri Turun ke Polres Rohul

Rohul(SegmenNews.com)- Tim Peneliti dari Puslitbang Polri lakukan penelitian tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri di Polres Rohul, Rabu  (23/1/2019).

Tim dipimpin Kabid Gas Opsnal Puslitbang Polri Kombes Pol Drs. Burdin Hambali, didampingi Konsultan Peneliti dari LIPI Prof. Dr. Dwi Purwoko Msi, Kasubbid Gastin Bid Gas Opsnal Puslitbang Polri AKBP Hanafiah Nembo.

Tim Peneliti Puslitbang Polri  ini disambut Kapolres Rohul, AKBP M. Hasyim Risahondua,  serta sejumlah Pejabat Utama Polres Rohul.

Ketua Tim Kombes Pol Drs. Burdin Hambali mengatakan, maksud kedatangan Tim, yaitu dalam rangka melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Untuk Jajaran Polda Riau Tim lakukan penelitian di lima Polres yakni Polres Kampar, Polresta Pekanbaru, Polres Rokan Hulu, Polres Bengkalis dan Polres Dumai,” ucapnya, Rabu (23/1/2019), di mapolres Rohul.

Ditambahakan, ‎sasaran penelitian meliputi 5 bidang pelayanan dari 5 Fungsi Opsnal Kepolisian yaitu Bidang Lalulintas, Reskrim, Intel, Binmas dan Sabhara.

Dari kelima fungsi ini nantinya akan dilakukan penelitian sejauh mana pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat serta tingkat kepuasan masyarakat atas layanan yang telah diberikan.

Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja polri, pihaknya menyebarkan kuesioner kepada masyarakat, mahasiswa,  mewawancarai pejabat-pejabat polres termasuk kapolres Rohul.

Diakuinya, penelitian itu dilakukan juga  untuk mengetahui sejauh mana ‎kinerja dari polres Rohul dalam melaksanakan fungsinya selaku  pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat.

Pengakuan warga masyarakat yang ditemui mereka secara umum mengapresiasi kinerja Polres Rohul saat ini yang dinilai banyak kemajuan dari tahun ketahun.

“Disamping itu mereka juga menyampaikan harapannya agar kedepan pelayanan Polri untuk masyarakat ini akan lebih baik lagi,” sebutnya.

Selaim itu tambahnya, dari aspek pelayanan publik saat ini juga sudah semakin baik, seperti pelayanan pembuatan SIM dan SKCK, seperti pembuatan SKCK sudah menggunakan aplikasi yang bisa di akses di smartphone, sehingga lebih efisien.

Kombes Pol Burdin Hambali berpesan ke Kapolres Rohul, agar  dalam pelaksanaan tugas polres yang baik,  tentunya ada partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat untuk bekerjasama dalam pemeliharaan kemanan di masyarakat, untuk itulah jalin komunikasi yang baik ditengah-tengah masyarakat.

“Jalin kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan di tengah-tengah masyarakat, ” pungkasnya.

Dipertemuan itu juga dilakukan diskusi oleh Tim Peneliti bersama Pejabat Utama Polres Rohul, Tim meminta para Kasat Opsnal secara bergantian yaitu Kasat Sabhara, Kasat Reskrim, Kasat Lantas, Kasat Intel dan Kasat Narkoba untuk menyampaikan inovasi-inovasi serta langkah apa yang telah dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.***(fit)

PUPR Rohul Taja Workshop Pelatihan Pengawasan Bidang Jembatan

Rohul(SegmenNews.com)- Dinas Pembangunan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hulu, (Rohul) Provinsi Riau malaksanakan acara Workshop dan pelatihan pengawasan dibidang jalan dan jembatan.

Acara dilaksanakan selama 4 hari di Aula Ir. E.H. Daulay Gedung Dinas PUPR Rokan Hulu sejak, Senin tanggal 21- Kamis 24 Januari 2019 dengan menghadirkan narasumber ada dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Riau.

Ada dari Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI)
Elman, Dekan Fakultas Tehnik Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Aprijal MT, Ketua Program Studi Teknik Sipil UPP Dr. Pada Lumba, dibuka oleh Kadis PUPR Rohul Anton ST, MM dihadiri Sekretaris, Kabid, Kasi, sedangkan peserta staf dan pegawai 30 orang.

Disampaikan Kadis PUPR Rohul Anton ST, MM, acara ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang pengawasan pembangunan jalan dan jembatan di wilayah Kabupaten Rokan Hulu.
Selain itu, untuk menyesuaikan visi misi Dinas PUPR Rokan Hulu tahun 2016-20121 yaitu, ” Mewujudkan ketersediaan insfraktruktur jalan dari desa ke kota guna membuka peningkatan aksebilitas produksi perekonomian pedesaan,” kata Kadis PUPR Rohul kepada wartawan, Rabu, (23/1/2019).

Dijelaskan Anton, tujuan Workshop dan pelatihan pengawasan ini, guna mencari pengawas yang berkomperen terhadap pekerjaan dibidang jalan dan jembatan, sehingga siapa nanti yang lulus dan memdapatkan sertifikat pada acara ini, mereka yang akan ditunjuk sebagai pengawas di Dinas PUPR Rokan Hulu.
“Bagi pegawai yang belum ikut, kedepan akan diikutkan pada acara Workshop dan pelatihan pengawasan berikutnya,” pungkasnya.

Terpantau, secara bergantian para narasumber menyampaikan bagaimana dalam melaksanakan pengawasan pembangunan jalan dan jembatan.***(fit)

Minggu Militer, Ini Kegiatan Prajurit Kodim 0313/KPR di Rohul

Rohul(SegmenNews.com)- Usia boleh tua, namun mental sebagai Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) selalu menggelora untuk terus mengasah olah Yudha yang sudah tertanam dan mengakar disetiap sanubari seorang Prajurit, karena panggilan jiwanya untuk mengabdi dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mungkin itulah yang ada dihati setiap prajurit TNI khususnya bagi para prajurit Kodim 0313/KPR yang rata-rata sudah berusia melewati setengah masa pengabdiannya.

Ratusan prajurit Kodim 0313/KPR dari jajaran Koramil yang berada di Kabupaten Rokan Hulu melaksanakan kegiatan mingu militer yang di pusatkan di Koramil 02 Rambah yang berada di Kilometer 2 Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu.

“Ea, hari ini kita sedang melaksanakan kegiatan minggu militer di markas Koramil 02 Rambah”, ungkap Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin S.I.P. M. I. Pol, melalui Pabung Kab. Rohul Mayor Inf Reflis Jon, pagi Rabu (23/01/2018).

“Minggu Militer yang dilaksanakan setiap bulan di minggu terakir sebagai sarana Back to Basic prajurit dalam memlihara kemampuan dasar-dasar prajurit”, tambahnya.

Dapat diketahui, setelah mengikuti apel pagi, prajurit menggelar lari jalanan dan dilanjutkan dengan melaksankaan renang militer di Hotel Sapa Dia Pasir Pengaraian. Kegiatan juga di hadiri Para Danramil sejajaran Kab. Rohul dan Para Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Pabung Kab. Rohul Mayor Inf Reflis Jon mengatakan, kegiatan lari jalanan, PBB, renang, dan Yong Moo Do juga bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan, serta kekuatan fisik dan stamina agar semakin baik.

“Kegiatan ini, selain untuk melaksanakan jadwal minggu militer juga sebagai sarana untuk membina kesehatan dan menjaga kebugaran badan dan kemampuan individu bagi seluruh prajurit Kodim 0313/KPR dalam mendukung kesiapsiagaan satuan”, jelas Pabung Kab. Rohul Mayor Inf Reflis Jon.

Meskipun keseharian prajurit Kodim 0313/KPR di lapangan bersama masyarakat dan petani dalam usaha peningkatan swasembada pangan, namun kemampuan dasar militer harus tetap terjaga dan terbina.

“Tak ada prajurit yang hebat, melainkan, prajurit yang terlatih”, tutup Pabung Kab. Rohul Mayor Inf Reflis Jon.

Terlihat, kegembiraan, keceriaan dan kekompakan yang penuh semangat, tampak dari raut wajah para prajurit jajaran Koramil Kab. Rohul Kodim 0313/KPR.***(fit)

Polisi Bekuk 7 Tersangka Narkoba di Rohul

Polisi Bekuk 7 Tersangka Narkoba di Rohul

Rohul(SegmenNews.com)- Kepolisian di jajaran Polres Rokan Hulu (Rohul) ungkap jaringan Narkoban di Kecamatan Tambusai Utara. Sedikitnya 7 terduga pelaku ditangkap.

Pengungkapan pertama Sabtu malam (19/1/2019) sekitarl pukul 23.00 Wib, anggota Polsek Tambusai Utara berhasil tangkap sedikitnya 6 laki-laki tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis sabu, di dalam rumah warga di RT 035/ RW 008 Desa Bangun Jaya.

Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua, melalui Paur Humas Polres Rohul Ipda Nanang Pujiono, mengungkapkan dua dari enam terlapor ditangkap merupakan warga Desa Bangun Jaya yakni inisial EP alias Na (26 tahun), dan inisial Sa alias Aj (24 tahun

‎Empat tersangka lagi merupakan warga Rantau Kasai Desa Tambusai Utara, yaitu inisial IA alias Wa (19 tahun), Ga alias Da (18 tahun), HY alias He (22 tahun), dan AH alias Al (20 tahun).

Ketika penangkapan, polisi menyita 1 tas selempang warna hitam merk Eiger didalamnya berisikan 1 plastik klem ukuran sedang berisikan 6 paket plastik klem kecil, dan 1 plastik klem sedang yang diduga berisi narkotika jenis sabu-sabu.

‎”Saat ditimbang berat kotor barang bukti yang ditemukan (dalam tas_ seberat 0,82 gram,” ungkap Ipda Nanang, Senin (21/1/2019).

Selain diduga Narkoba, polisi turut menyita 1 timbangan digital warna silver, 1 plastik klem ukuran besar berisikan 53 plastik klem ukuran kecil,‎ 2 plastik klem ukuran besar dan 2 plastik ukuran sedang, 2 buah manggis, 1 potongan pipet sebagai sendok, 7 buah gunting, 7 pipet, 1 set alat hisap sabu atau bong terbuat dari botol Pocari Sweet.

“Ikut disita diduga hasil penjualan narkotika jenis sabu-sabu sebesar Rp 450 ribu,” jelas Ipda Nanang.‎

Pada Sabtu dinihari (19/‎1/2019) sekira pukul 01.00 Wib, anggota Polsek Tambusai Utara juga menangkap seorang terduga pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis sabu di Desa Rantau Sakti.

Pada pengungkapan dipimpin Kapolsek Tambusai Utara AKP Nurman, polisi menangkap pemuda berusia 21 tahun inisial BPP alias Bo, warga‎ RT 008/ RW 005 Dusun Kauman Desa Rantau Sakti.

Dari pemuda ini, personel polisi Polsek Tambusai Utara berhasil menyita 3 paket kecil diduga narkotika jenis sabu-sabu,‎ 1 handphone merk Nokia warna hitam.

“Anggota Polsek Tambusai Utara juga menyita uang tunai sebesar Rp 180 ribu, diduga hasil dari penjualan narkotika jenis sabu-sabu,” tambah Nanang

Dari interogasi, terlapor BPP mengaku diduga sabu didapatnya dari kenalannya di Simpang Genjer Desa Tanjung Medan, Kecamatan Tambusai Utara. Namun polisi tidak menemukan teman BPP di rumahnya, saat didatangi bersama masyarakat.

“Pelaku dan barang bukti sudah dibawa ke Mapolsek Tambusai Utara untuk proses lebih lanjut,” pungkas Paur Humas Polres Rohul Ipda Nanang Pujiono.***(fit)

Diterjang Banjir, Jalan Poros Penghubung Antar Desa Putus

Diterjang Banjir, Jalan Poros Penghubung Antar Desa Putus

Bunut(SegmenNews.com)- Akses jalan poros penghubung antara Desa Lubuk Mas, dan Desa Sungai Buluh menuju Kelurahan Bunut kembali ambruk. Jalan yang tepatnya berada di wilayah Desa Lubuk Mas, Kacamatan Bunut ini ambruk dan memutuskan askes kedua desa itu, akibat luapan air banjir di aliran Sungai Kepojan.

Kondisi memprihatinkan ini terlihat ketika salah seorang warga Kelurahan Bunut, menandai salah satu akun Facebook redaksi SegmenNews.com. Dalam akun yang bernama Tengku VieVie Elvera menulis sambil mengirimkan foto kondisi jalan yang tidak bisa dilewati, karena akses jalan terputus akibat ambruknya jalan poros antar desa itu.

“Kondisi jalan dilubuk mas pagi ini…,” tulis Tengku.

Selain itu, diakun milik Julaini kiza mukhlis juga menjelaskan tentang keadaan jalan poros yang tidak bisa di lewati saat ini, karena jalan putus di terjang banjir.

“Lgi,lgi,lgi jln lintas lbk mas ptus ditrjang bnjir. Aktifitas pnybrangn trhmbt,” tulis Julaini.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Lubuk Mas, Norazid saat di konfirmasi, membenarkan jalan poros penghubung antar Desanya itu putus, saat ini pihaknya juga sudah berkoordinasi sama desa tentangga (Desa Sungai Buluh-red).

“Iya, saat ini kondisi akses jalan terputus, namun kita sudah berkompromi sama Desa Sungai Buluh untuk mencari solusi sementara dan saat ini juga kita juga sudah koordinasi sama pihak terkait,” tandas Norazid mengungkapkan.***(Ris)

Rencana Penanaman Modal, DPRD dan Pemkab Bengkalis Kunjungi Bank Riau Kepri

DPRD dan Pemkab Bengkalis Kunjungi Bank Riau Kepri Untuk Rencana Penambahan Modal

Pekanbaru(SegmenNews.com)-Pemerintah Kabupaten Bengkalis sebagai pemegang saham kedua terbesar di Bank Riau Kepri segera melakukan penambahan modal di Bank Riau Kepri sebesar 300 miliar. Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Pansus Penyertaan Modal Bank Riau Kepri DPRD Kabupaten Bengkalis Hendri, S.Ag, M.Si pada kunjungan kerja ke Gedung Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri, Selasa (22/1/19). Kehadiran Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bengkalis Indrawan beserta 16 orang anggota DPRD Komisi C Kabupaten Bengkalis disambut langsung oleh Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari beserta Direktur Kepatuhan dan Manajemen Resiko Eka Afriadi.

Tim Pansus Penyertaan Modal Bank Riau Kepri akan segera mengundang Bank Riau Kepri untuk melakukan rapat paripurna di Kantor DPRD Kabupaten Bengkalis. Menurut Ketua Pansus Penyertaan Modal Bank Riau Kepri DPRD Kabupaten Bengkalis Hendri, S.Ag, M.Si dengan modal yang dimiliki oleh Pemerintah Kabuten Bengkalis saat ini sudah menghasilkan deviden yang cukup besar bagi Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Dalam 5 tahun terakhir (2014-2018) total deviden yang telah diterima Pemerintah Kabupaten Bengkalis sebesar Rp 154,26 miliar dan hal tersebut telah melebihi setoran modal yaitu sebesar 121,6 miliar. Ia berharap dengan penambahan modal sebesar 300 miliar diluar modal yang sudah ada di Bank Riau Kepri dapat menghasilkan deviden yang lebih besar lagi nantinya.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan akrab serta saling memberi masukan ini Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bengkalis Indrawan beserta anggota Komisi C sangat mendukung untuk penambahan modal yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan ini diantaranya rencana Bank Riau Kepri menghadapi persaingan digital serta persaingan global dan meningkatkan pelayanan secara berkesinambungan.

Pertemuan tersebut diawali dengan pemaparan rencana bisnis Bank Riau Kepri. Komisi C DPRD Kabupaten Bengkalis juga mengapresiasi kinerja Bank Riau Kepri. Hadir dalam kunjungan tersebut Kasubag Persidangan DPRD Kabupaten Bengkalis Faisal Gustari bersama Kasubag Aspirasi dan Kerja Sama Taufik Hidayat.

Turut hadir pada acara ini dari Bank Riau Kepri yaitu Pindiv Renstra Tengkoe Irawan, Pindiv Operasional Asari danPindiv Projas Wahyudi Gustiawan.***(rls)

Terlibat Penipuan, Oknum Polisi dan Tuan Guru Diadili

Terlibat Penipuan, Oknum Polisi dan Tuan Guru Diadili

Pekanbaru(SegmenNews.com)-Sukmahadi, seorang oknum Polisi berpangkat Brigadir Senior dan Ismail alias Tuan Guru, serta Ahmad seorang buruh bangunan, diadili di Pengadilan Negeri Pekanbaru. Ketiganya terlibat aksi penipuan dengan modus penggandaan uang.

Pada  persidangan yang digelar, Selasa (22/1/2019), empat saksi korban dihadirkan kehadapan majelis hakim yang diketuai Martin Ginting SH. Saksi tersebut yakni Andre,Isnaini, Helmiyani dan Rido Setiawan.

Dalam keterangan saksi kepada majelis hakim, terdakwa Sukmahadi, seorang polisi aktif ini bertugas mencari korban. Sementara Ismail, bertugas sebagai Tuan Guru yang bisa menggandakan uang, sementara terdakwa Ahmad, merupakan orang yang disuruh-suruh terdakwa Ismail untuk mengambil perlengkapan.

Kepada majelis hakim, saksi Andre mengaku percaya kalau terdakwa Ismail alias Tuan Guru bisa menggandakan uang, setelah diperlihatkan beberapa video dan membuktikan menggandakan uang Rp100 hingga Rp300 ribu yang dibagi-bagikan kepada para korban.

Karena yakin, keempat korban sepakat iuran untuk menyiapkan uang untuk digandakan oleh terdakwa Ismail alias Tuan Guru.

Saksi Andre mengaku menyerahkan uang sebesar Rp80 juta, saksiIsnaidi Rp50 juta, saksi Helmiyani Rp40 juta dan saksi Rido Setiawan sebesar Rp45 juta. Setelah uang tersebut diserahkan kepada terdakwa.

Kemudian dilakukan ritual penggandaan uang. Terdakwa Ismail alias Tuan Guru mengatakan akan memanggil jin-jin yang ada di gunung-gunung untuk menggandakan uang tersebut.

Terdakwa meyakinkan para korban dengan memperlihatkan lembar-demi lembar uang hasil penggandaan tersebut. Namun ritual penggandaan dinyataakan belum selesai sampai disitu. Pada hari itu uang menurut terdakwa masih bisa digandakan sebanyak Rp200 juta.

Kalau ditunggu beberapa hari lagi uang bisa mencapai miliaran rupiah.Terakhir diketahui ternyata hal tersebut hanyalah tipuan terdakwa Ismail dan terdakwa berupaya menukar uang asli dengan uang palsu.

Terdakwa Ismail alias Tuan Guru, dalam keterangannya kepada majelis hakim, mengakui bahwa dirinya sama sekali tidak bisa menggandakan uang tersebut. **(ran)

Sekda Rohul Dampingi Kepala BPN Riau Resmikan Zona Integritas WBK

Rohul(SegmenNews.com)- Kantor Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), yang pertama Pencanangan Zona Integritas Bersih Korupsi.

Saat pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Selasa (22/1/2019), sekaligus peresmian Loket Pelayanan dan Gedung Arsip Kantor Pertanahan Rohul oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Riau Drs. Lukman Hakim SH‎.

Juga hadir Sekretaris Daerah‎ Kabupaten Rohul H Abdul Haris S.Sos, M.Si mewakili Bupati Rohul H. Sukiman, Kepala ATR/BPN Kantor Pertanahan Rohul Tarbarita Simorangkir,Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua, Kajari Rohul Freddy Daniel Simandjuntak, Ketua PN Pasir Pangaraian Sahrudi, perwakilan Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian.

Selain itu hadir Kakan Kemenag Rohul H. Syahrudin M.Sy, Kepala Disparbud Rohul Drs. Yusmar M.Si dan sejumlah Kepala Bidang, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, serta undangan lainnya.

Kakanwil BPN Riau, Lukman Hakim mengatakan, bahwa Pencanangan‎ Zona Integritas di Kantor Pertanahan Rohul merupakan awal, dan satunya kantor di lingkungan BPN Riau yang telah menerapkan pembangunan zona integritas.

“Selaku Kakanwil (BPN Riau) mengharapkan ini harus dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen‎, supaya sesuai amanat Presiden juga kita harus merubah mindset, memasuki paradigma baru menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah bersih melayani,”tegas Lukman.

Lukman mengakui, bahwa secara eksternal baru Kantor Pertanahan Rohul yang mencanangkan Zona Integritas di Riau. Dirinya mengharapkan, seluruh Kantor Pertanahan di Riau menerapkan hal serupa, seperti yang telah diterapkan di Kabupaten Rohul.

Sesuai pencanangan zona integritas, Lukman mengharapkan Kantor Pertanahan Rohul harus bersih dan bebas dari prilaku-prilaku korupsi, dan lebih meningkatkan budaya melayani.

Lukman berterima kasih kepada Bupati Rohul yang sudah mendukung secara penuh program pertanahan yang dilakukan BPN Rohul. Ia berharap tidak adalagi keluhan dari masyarakat, apalagi Kepala‎ BPN Rohul Tarbarita Simorangkir telah menerima penghargaan karena membuat program strategis yang dicanangkan oleh Presiden.

“Kalau kinerjanya baik kita beri reward, tapi kalau kinerjanya jelek kita punishment (hukuman),” tegas Lukman.

Sekda Rohul Abdul Haris mengatakan dirinya bersama Bupati Rohul Sukiman, di setiap acara kunjungan kerja terus mengimbau para Camat untuk sosialisasikan program sertifikat gratis dari pemerintah pusat kepada masyarakat.

‎Haris menerangkan zona integritas merupakan program pemerintah saat ini yang diluncurkan oleh Kementerian Aparatur Negara Reformasi Birokrasi. Ia menilai, untuk penerapan program di Kantor Pertanahan penting, sehingga semua bisa diketahui oleh masyarakat.

“Nantinya ini akan transparan, semua bisa dilihat mulai persyaratan, waktu pelayanan, pembiayaan semuanya jelas. Zona integritas ini hal yang sangat positif‎, ini untuk pelayanan masyarakat, terutama di BPN,” jelas Sekda Rohul.

Abdul Haris mengatakan kerjasama antara Pemkab Rohul dengan BPN sangat penting, apalagi saat ini pemerintah daerah punya program menertibkan perizinan perkebunan perorangan maupun perusahaan.

Seperti untuk perpanjangan Hak Guna Usaha atau HGU‎ yang akan diproses BPN, dan setiap perizinan yang tertib wajib membayar BPHTB ke Pemkab Rohul, sesuai dengan nilai jual objek pajak.

“Tentunya akan membawa dampak positif terhadap penerimaan daerah, dan nantinya kerjasama‎ antara Pemda dengan BPN memang harus bersinergi secara menyeleluruh.”

“‎Dengan adanya zona integritas saat ini yang memberikan pelayanan maksiman, ini akan memacu masyarakat untuk pengurusan perizinan, baik perorangan atau perusahaan,”kata Sekda Rohul, Abdul Haris

Usai acara, tamu dan undangan yang hadir ikut Makan Bukancah atau Makan Bersama yang melibatkan pegawai Disparbud Rohul. Pada Makan Bukancah ini disediakan kuliner khas Rohul berupa gulai kacang hijau dicampur dengan ayam kampung.‎(Adv/ Humas Pemkab Rohul).

error: Konten website ini dilindungi!!