Salak Pusaka dari Rokan Hulu Ini Manisnya Poll

Rokan Hulu (SegmenNews.com)-Selain potensi wisata, ternyata Kabupaten Rokan Hulu juga memiliki potensi agro yang tak kalah dengan daerah di Indonesia. Salah satunya Salak Pusaka, yang manisnya terasa bangeett..

Bupati Rokan Hulu, Suparman, memanen Salak Pusaka

Salak Pusaka ini merupakan persilangan antara Salak Padang Sidimpuan dengan salak jenis lain. Disebut Salak Pusaka, ini sesuai dengan tagline Pemkab Rohul. Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau.

Saat ini petani di Kabupaten Rokan Hulu sudah banyak yang bertanam dan budidaya Salak Pusaka ini, sebagai salah satu sumber perekonomiannya.

Pada Puncak Hari Guru ke-72, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Bupati Rokan Hulu, Suparman, menyempatkan diri mengunjungi petani Salak Pusaka di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman, didampingi seorang petani, memanen Salak Pusaka

Gubernur dan Bupati, langsung memanen Salak Pusaka dari pohonnya. Bupati Suparman langsung mencoba rasa Salak Pusaka yang baru diambil dari pohon tersebut dan menyatakan “Hmm” rasanya…

Pada kesempatan itu, Gubri Arsjadjuliandi Rachman, juga menyampaikan apresiasinya kepada petani Salak Pusaka di Kabupaten Rokan Hulu. Dikatakannya, sewaktu dirinya kecil, ia hanya mengenal Salak Sidimpuan, sementara Salak pondoh juga belumnada.

“Sekarang ada Salak Pusaka yang merupakan inovasi petani di Kabupaten Rokan Hulu, ini patut diapresiasi,” ujarnya.

Jelasnya lagi, bibit jenis baru yang dilakukan petani masyarakat Rambah di Rohul perlu diapresiasi. Hal ini sebagai bentuk inovasi yang perlu dicontoh para petani lainnya.

Terlebih jika hasil perkawinan antara bibit jenis tanaman salak ini sukses. Tidak hanya menjadi sumber ekonomi baru. Akan tetapi juga akan mengharumkan nama daerah dimana bibit tersebut ditemukan.***(fitri)